40 Guru SMP Bidang Studi Matematika Ikuti Diklat

40 Guru SMP Bidang Studi Matematika Ikuti Diklat

MALANG, BANGSAONLINE.com - Diklat Fungsional Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Bidang Studi Matematika Pemerintah Kabupaten Malang Tahun 2017 dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Dr. H. Abdul Malik, SE., M.Si di Grand Ballroom El Hotel Kecamatan Karangploso Malang, Selasa (11/7).

Kegiatan ini diikuti Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan Pembelajaran Universitas Negeri Malang (LP3UM) Drs. Sulthan M.Pd, Kepala Bidang di Dinas Pendidikan Kab. Malang, dan 40 orang peserta dari Aparatur Sipil Negara berprofesi guru matematika di Kab. Malang.

Sutrisno selaku Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah Kab. Malang menjelaskan dalam laporannya bahwa diklat fungsional yang digelar selama lima hari ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan pengetahuan dan keterampilan sesuai bidangnya. Selain itu, juga untuk menciptakan kesamaan pola pikir dalam pelaksanaan tugasnya sebagai pendidik/tenaga pengajar SMP, serta memantapkan sikap dan keahlian yang berorientasi pada kompetensi bidang tugas guru SMP.

Adapun narasumber yang mengisi diklat tersebut dari LP3UM, pejabat struktural, dan profesional yang masing-masing memberikan materi sesuai bidangnya, di antaranya materi umum, materi penunjang dan kompetensi.

Sementara Sekda Kab. Malang menyampaikan bahwa diklat ini penting bagi tenaga pendidik guna mengimbangi kemajuan zaman dan teknologi. "Sebagai pendidik kita harus mempunyai keterampilan, apalagi jenjang SMP ini sistemnya sudah tidak mengajar secara instruksional, akan tetapi kita harus bisa merekam basic pendidikan untuk generasi penerus bangsa kita," jelasnya.

“Saat ini antara pendidikan dengan tugas yang diterima guru tidak seimbang, dalam arti guru harus mampu memacu kemampuannya dan meningkatkan wawasannya dikarenakan kemunculan berbagai perkembangan di dunia pendidikan. Bersiaplah lebih giat lagi untuk tugas berikutnya, seperti kata pepatah jawa ojo nrimo ing pandhum tapi teruslah berikhtiar dan berusaha, karena sekuat apapun kita berusaha jika Allah SWT tidak menghendaki juga tidak akan terjadi," pungkasnya.

Sementara itu, Sulthan menyambut baik kegiatan ini. "Kegiatan ini merupakan kebanggaan bagi kami karena LP3UM turut berpartisipasi dalam meningkatkan kualitas para guru, apalagi tuntutan terhadap guru akan terus berkembang untuk itu kita perlu mengasah kompetensi dan tidak berhenti belajar sehingga program pendidikan semacam ini bisa berkelanjutan," ungkapnya di sela sambutannya. (thu/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO