Jumat, 18 Oktober 2019 02:05

Tanya-Jawab Islam: Hukum Salat Qobliyah Jumat

Jumat, 07 Juli 2017 11:37 WIB
Tanya-Jawab Islam: Hukum Salat Qobliyah Jumat
DR KH Imam Ghazali Said MA

>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<<

Pertanyaan: 

Assalamualaikum wr wb. Pak Kyai saya mau Tanya, adakah dalil salat qobliyah Jumat itu? Jazakallahu khoiron. (Muhammad Soleh, Surabaya)

Jawaban:

Memang para ulama sepakat bahwa salat bakdiyah jumat itu ada dan dilakukan oleh rasul, dengan laporan sahabat Abu Hurairah bahwa Rasul bersabda:

“Jika salah satu dari kalian semua sudah melaksanakan salat jumat, maka dirikanlah salat sunnah empat rakaat”. (Hr. Muslim: 2073).

Dari hadis inilah, kemudian para fuqoha sepakat bahwa salat bakdiyah jumat itu ada dan disyariatkan.

Kemudian, para ulama memang berbeda pandangan tentang salat sunnah qobliyatul Jumat, ada yang mengatakan tidak ada dan tidak pernah dilakukan oleh Rasul. Golongan ini diwakili para ulama dari mazhab Maliki dan Hambali. Namun ulama yang lain menyatakan ada dan dilakukan oleh Rasul, golongan kedua ini diwakili oleh para ulama dari mazhab Syafii dan mazhab Hanafi.

Pada dasarnya rasul melakukan salat sunnah sebelum salat jumat, hanya saja para ulama berbeda pandangan dalam penamaannya, apakah salat sunnah tersebut dinamakan sunnah qobliyah atau sunnah mutlaq untuk menunggu salat jumat bukan termasuk salat qobliyah.

Intinya tetap disunnahkan salat dua rakaat atau empat sebelum mendirikan salat jumat. Hadis yang dilaporkan oleh Salman al-Farisi sangat jelas bahwa Rasul bersabda:

“Seorang laki-laki yang mandi di hari jumat, lalu membersihkan dirinya semampunya, memakai minyak dan wangi-wangian, lalu ia berangkat dan tidak memisahkan dua orang lalu mendirikan salat yang ditentukan, ia diam ketika imam berkhutbah, maka tidaklah bagi orang tersebut kecuali diampuni baginya dosa-dosa di antara dua jumat”. (Hr. Bukhari:883)

Hanya saja oleh sebagian ulama salat ini tidak dianggap sebagai salat qobliyah jumat. Sahabat Jabir bin Abdullah juga melaporkan bahwa:

“Ada seorang laki-laki datang pada saat rasul sedang berkhutbah pada hari jumat, lalu Rasul bertanya: apakah kamu sudah salat? Dia menjawab: belum, lalu Rasul bersabda: berdirilah dan salatlah dua rakaat terlebih dahulu”. (Hr. Bukhari:888.)

Abu Hurairah juga melaporkan hadis yang sama dengan menyebutkan nama sahabat yang diingatkan tersebut yaitu Sulaik al-Ghotofani. (Hr. Ibnu Majjah:1114).

Abdullah bin Zubai juga melaporkan sebuah hadis bahwa Rasul juga bersabda: “Tidak lah setiap salat fardu itu kecuali sebelumnya disunnahkan salat dua rakaat”. (Hr. Ibnu Hibban: 2488).

Dan masih banyak lagi dalil-dalil yang menunjukkan bahwa Rasul melakukan salat sunnah empat rakaat setelah tergelincirnya matahari dan sebelum salat jumat. Hanya mereka berbeda pandangan dalam penamaan salatnya, ada yang mengatakan salat sunnah qobliyah atau salat sunnah mutlak ketika masuk masjid sampai berdirinya khotib untuk berkhutbah. Maka, sebaikanya Bapak tetap melakukan salat sunnah tersebut, karena Rasul juga melakukan hal itu. Adapun penamaannya insya Allah tidak mengurangi pahala orang yang mendirikan salat sunnah. Wallahu a’lam.

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 18 Oktober 2019 01:53 WIB
SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Komunitas Mahasiswa Generasi Bari Indonesia (GenBI) Jember melakukan penanaman terumbu karang di laut dangkal objek wisata Pasir Putih Situbondo, Kamis (17/10).Selain itu, komunitas mahasiswa penerima beasiswa Bank ...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...