Selasa, 15 Juni 2021 19:16

Tanya-Jawab Islam: Hukum Salat Qobliyah Jumat

Jumat, 07 Juli 2017 11:37 WIB
Tanya-Jawab Islam: Hukum Salat Qobliyah Jumat
DR KH Imam Ghazali Said MA

>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<<

Pertanyaan: 

Assalamualaikum wr wb. Pak Kyai saya mau Tanya, adakah dalil salat qobliyah Jumat itu? Jazakallahu khoiron. (Muhammad Soleh, Surabaya)

Jawaban:

BACA JUGA : 

Tanya-Jawab Islam: Enam Tahun Pisah Ranjang, Tapi Masih Satu Rumah, Mohon Pencerahan

Tanya-Jawab: Uang Hasil Makelaran, Halalkah Komisinya?

Tanya-Jawab: Suami Miliki Jimat Kumis Harimau, Jadi Kuat Segalanya

Tanya-Jawab: Ingin Menikahi Tante dari Ibu, Bolehkah?

Memang para ulama sepakat bahwa salat bakdiyah jumat itu ada dan dilakukan oleh rasul, dengan laporan sahabat Abu Hurairah bahwa Rasul bersabda:

“Jika salah satu dari kalian semua sudah melaksanakan salat jumat, maka dirikanlah salat sunnah empat rakaat”. (Hr. Muslim: 2073).

Dari hadis inilah, kemudian para fuqoha sepakat bahwa salat bakdiyah jumat itu ada dan disyariatkan.

Kemudian, para ulama memang berbeda pandangan tentang salat sunnah qobliyatul Jumat, ada yang mengatakan tidak ada dan tidak pernah dilakukan oleh Rasul. Golongan ini diwakili para ulama dari mazhab Maliki dan Hambali. Namun ulama yang lain menyatakan ada dan dilakukan oleh Rasul, golongan kedua ini diwakili oleh para ulama dari mazhab Syafii dan mazhab Hanafi.

Pada dasarnya rasul melakukan salat sunnah sebelum salat jumat, hanya saja para ulama berbeda pandangan dalam penamaannya, apakah salat sunnah tersebut dinamakan sunnah qobliyah atau sunnah mutlaq untuk menunggu salat jumat bukan termasuk salat qobliyah.

Intinya tetap disunnahkan salat dua rakaat atau empat sebelum mendirikan salat jumat. Hadis yang dilaporkan oleh Salman al-Farisi sangat jelas bahwa Rasul bersabda:

“Seorang laki-laki yang mandi di hari jumat, lalu membersihkan dirinya semampunya, memakai minyak dan wangi-wangian, lalu ia berangkat dan tidak memisahkan dua orang lalu mendirikan salat yang ditentukan, ia diam ketika imam berkhutbah, maka tidaklah bagi orang tersebut kecuali diampuni baginya dosa-dosa di antara dua jumat”. (Hr. Bukhari:883)

Hanya saja oleh sebagian ulama salat ini tidak dianggap sebagai salat qobliyah jumat. Sahabat Jabir bin Abdullah juga melaporkan bahwa:

“Ada seorang laki-laki datang pada saat rasul sedang berkhutbah pada hari jumat, lalu Rasul bertanya: apakah kamu sudah salat? Dia menjawab: belum, lalu Rasul bersabda: berdirilah dan salatlah dua rakaat terlebih dahulu”. (Hr. Bukhari:888.)

Abu Hurairah juga melaporkan hadis yang sama dengan menyebutkan nama sahabat yang diingatkan tersebut yaitu Sulaik al-Ghotofani. (Hr. Ibnu Majjah:1114).

Abdullah bin Zubai juga melaporkan sebuah hadis bahwa Rasul juga bersabda: “Tidak lah setiap salat fardu itu kecuali sebelumnya disunnahkan salat dua rakaat”. (Hr. Ibnu Hibban: 2488).

Dan masih banyak lagi dalil-dalil yang menunjukkan bahwa Rasul melakukan salat sunnah empat rakaat setelah tergelincirnya matahari dan sebelum salat jumat. Hanya mereka berbeda pandangan dalam penamaan salatnya, ada yang mengatakan salat sunnah qobliyah atau salat sunnah mutlak ketika masuk masjid sampai berdirinya khotib untuk berkhutbah. Maka, sebaikanya Bapak tetap melakukan salat sunnah tersebut, karena Rasul juga melakukan hal itu. Adapun penamaannya insya Allah tidak mengurangi pahala orang yang mendirikan salat sunnah. Wallahu a’lam.

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Selasa, 15 Juni 2021 06:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-RUU Pajak makin ramai dan kontroversial. Tapi suara fraksi-fraksi di DPR kali ini menolak. Alias tak mendukung rencana pemerintah.Apa benar ini karena Pilpres sudah dekat? Atau karena para pimpinan parpol belum dipanggil pr...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...