Mathur Husyairi, Aktivis Anti Korupsi yang Pernah Ditembak (2): Beberkan Upaya Pelemahan Kelompoknya

Mathur Husyairi, Aktivis Anti Korupsi yang Pernah Ditembak (2): Beberkan Upaya Pelemahan Kelompoknya Mathur Husyairi

BANGSAONLINE.com - Lantaran selalu kritis menyoroti praktik korupsi, Mathur Husyairi dan kelempoknya kerap kali berusaha dilemahkan. Bahkan, Mathur sempat menjadi korban penembakan orang tak dikenal dan harus dirawat di RS Dr Soetomo.

Anda pernah ditembak orang tak dikenal di Bangkalan. Apa benar terkait aktivitas Anda sebagai . Bisa Anda ceritakan kronologisnya?

Saya beraktivitas sejak tahun 2004 ketika mengawal dana bantuan pengungsi Sambas dan Sampit, kemudian di tahun 2011 kami mendirikan Bangkalan Corruption Watch (BCW) dengan beberapa aktivis LSM lainnya.

Kami memang aktif memantau dan menelusuri berbagai bentuk korupsi di Bangkalan. Kalau level Polres, Kejari, Polda dan Kejati sudah tidak mempan untuk menembus Bangkalan saat Fuad Amin berkuasa. Harapan kami hanya KPK, sejak tahun 2009 kami secara pribadi dan kelembagaan mulai intens berkomunikasi dan menyuplai informasi ke KPK. Singkat cerita di akhir tahun 2014 mantan Bupati Bangkalan ditangkap KPK karena OTT jual beli migas di Bangkalan.

Karena kelompok kami sangat kecil, hanya 15 orang yang solid dan menjadi penggerak, maka kami sangat mudah dipetakan dan berupaya dilemahkan dengan berbagai cara, mulai rayuan iming-iming uang, teror, penganiayaan dan upaya pembunuhan. Tiga orang teman kami dibacok dan terakhir saya ditembak di depan rumah.

Sejak kapan Anda jadi ?

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO