Warga Desa Bakung Temenggungan Temukan Situs Kuno, Diduga Peninggalan Kerajaan Jenggala

Warga Desa Bakung Temenggungan Temukan Situs Kuno, Diduga Peninggalan Kerajaan Jenggala

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Warga Dusun Ciro Wetan, Desa Bakung Temenggungan, Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo menemukan situs yang diduga peninggalan zaman kerajaan Jenggala di persawahan desa setempat, Selasa (04/07).

Situs yang berbentuk batu bata bulat menyerupai sumur itu mempunyai diameter 50 centimeter dengan kedalaman 2,05 meter. Ketebalan batu bata itu, berukuran 8 centimeter dan berbentuk melengkung bercorak dua garis, serta ditemukan kepingan tembikar kuno.

Situs di persawahan tanaman terong itu pertama kali ditemukan Sariali (60), seorang pembuat sumur untuk menyirami tanaman yang disewa Sumantri (38) warga Dusun Watesrowo, Desa Sumokembangsri, Kecamatan Balongbendo.

"Waktu saya gali sekitar 80 centimeter, ternyata ada batu bata itu. Tapi tidak saya teruskan karena takut ada apa-apa, sehingga saya gali sebelahnya," ucap Sariali.

Setelah itu, lanjut Sariali, ia memberitahukan kepada Sumantri atas temuan itu. Karena penasaran, galian tersebut diteruskan sehingga terdapat tumpukan batu bata berbentuk bulat menyerupai sumur.

Dugaan situs itu, diperkuat dengan adanya temuan tumpukan batu bata yang sebelumnya juga ditemukan tidak jauh dari temuan awal. Hanya saja, temuan yang kedua terdapat tumpukan batu bata berbentuk memanjang.

"Disinyalir ada bangunan-bangunan lain di sekitar temuan ini. Karena seratus meter dari situs berbentuk bulat, ada situs lain yang memanjang di persawahan ini," ucap Agus Subandriyo, seorang penggiat benda-benda kuno. (cat/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO