STIKes Hang Tuah Surabaya Gelar Pengabdian Masyarakat di Candi Sidoarjo

STIKes Hang Tuah Surabaya Gelar Pengabdian Masyarakat di Candi Sidoarjo STIKes Hang Tuah Surabaya saat melakukan pengabdian kepada masyarakat.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - STIKes Hang Tuah menggelar kegiatan dalam rangka meningkatkan pemberdayaan caregiver masyarakat yang tanggap lansia di wilayah , . Agenda tersebut bekerja sama dengan Komunitas Perempuan Cahaya Jiwa dan .

Pengabdian masyarakat itu dilakukan karena lansia memiliki masalah kesehatan berupa penurunan aktivitas sosial yang berdampak pada kemampuan kemandirian dalam aktivitas sehari-hari. Saat memasuki masa pensiun, penurunan peran dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental para lansia. 

Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan mampu mewujudkan peningkatan usia harapan hidup lansia di wilayah Candi sebagai bentuk penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah

Pemegang program lansia di puskesmas wilayah Candi, Sri Ngesthiningtyas, menjelaskan bahwa pengabdian masyarakat ini sangat bermanfaat bagi lansia karena dapat memberikan pelayanan kepada lansia secara menyeluruh.

Tidak hanya pendekatan fisik saja, tetapi juga pendekatan psikososial dan membangun caregiver empowerment bagi lansia. 

Pengabdian kepada masyarakat ini memiliki luaran teknologi dan informasi berupa alat terapi modalitas bagi lansia seperti pinwheel, gerak bola warna, snake ladder bagi lansia, hingga teka teki silang.

Alat terapi tersebut nantinya akan dipublikasi di jurnal nasional terakdreditasi dan ber-ISBN, termasuk video pelaksanaan kegiatan. Seluruh kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini didanai oleh Kemendikbudristek tahun 2023 tahun ke 1 dari rencana 1 tahun. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO