Mensos Maraton Pantau Pencairan PKH, Menuju 10 Juta Penerima PKH Tahun 2018

Mensos Maraton Pantau Pencairan PKH, Menuju 10 Juta Penerima PKH Tahun 2018

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Makin dekat Hari Raya Idul Fitri, aktivitas kerja Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa bukannya berkurang untuk bersiap berlebaran bersama keluarga, namun kesibukannya kian padat mengurus rakyat.

Selama sepekan terakhir, sedikitnya sembilan titik pencairan Program keluarga Harapan () telah didatangi, yakni Ciamis, Cilacap, Banyumas, Magelang, Wonosobo, Surabaya, Bangkalan, Sampang, Sidoarjo.

"Saya harus memastikan proses pencairan berjalan lancar, data selalu update, infrastuktur perbankan siap, pendamping mumpuni, demikian juga SDM perbankan siap memberikan layanan terbaik kepada penerima bansos, hingga sebaran agen bank yang menjadi ujung tombak penyaluran bantuan sosial ," ujar Mensos usai meninjau pencairan di Kabupaten Sidoarjo, bertempat di Pendopo Kecamatan Waru, Senin.

Dikatakan Mensos, pemerintah sangat fokus dan serius dalam menyiapkan menuju 10 juta penerima pada tahun 2018.

Apalagi, lanjutnya, juga memiliki target pada 2019 inklusi keuangan secara nasional mencapai 75 persen. Di mana merupakan salah satu alat untuk mencapai target tersebut.

"Penyaluran bansos nontunai menggunakan sistem perbankan telah berkontribusi besar dalam mendongkrak inklusi keuangan di Indonesia. Pada tahun 2017 jumlah penerima 6 juta KPM menyumbang 9 persen. Jika penerimanya diperluas jadi 10 juta KPM maka menyumbang 15,6 persen pada tahun 2018," papar Khofifah.

Mensos mengatakan melalui bansos nontunai, masyarakat diajak untuk berkenalan dengan perbankan beserta produk-produknya. Diharapkan dalam jangka panjang, ada perubahan pola pikir dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu jumlah penerima di Kabupaten Sidoarjo mencapai Jumlah penerima kota Sidoarjo 23.490 KPM dengan jumlah bansos sebesar Rp45.263.610.000. (*)

Sumber: *Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Sosial RI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Marah Lagi! Mensos Risma Bentak-Bentak Pendamping PKH, ini Tanggapan Gubernur Gorontalo':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO