Pangarmatim Ikut Safari Ramadhan Panglima TNI di Tarakan

Pangarmatim Ikut Safari Ramadhan Panglima TNI di Tarakan

TARAKAN, BANGSAONLINE.com - Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H.,M.A.P., didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armada Timur (KDJAT) Ny. Ina Darwanto tiba di bandara Juwata dalam rangka mengikuti kegiatan Safari Ramadhan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo di Masjid Baitul Izzah Islamic Center Tarakan, Kalimantan Utara (Kaltara). Minggu, (18/06/2017).

Selain menyambut Panglima TNI, Pangarmatim juga menerima kedatangan Menteri Pertahanan (Menhan) RI Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu dalam rangka peresmian Maritime Command Center (MCC) dan Launching Trilateral Maritime Patrol (TMP) Indonesia, Malaysia dan Phiilippines (Indomalphi) yang akan diselenggarakan Senin hari ini, 19 Juni 2017 .

Panglima TNI yang didampingi Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Nenny Gatot Nurmantyo dalam sambutannya menyampaikan tentang tokoh agama dan tokoh pemuda seperti Budi Utomo yang berjuang menyatukan kedaerahan hingga melahirkan Sumpah Pemuda.

"Bangsa ini bergotong royong dipelopori oleh para ulama dan santri mengangkat senjata melawan penjajah. Setelah merdeka para ulama dan santri kembali ke daerahnya masing-masing dan sebagian tetap tinggal untuk menjaga keamanan rakyat. Sehingga saat TNI resmi dibentuk, Panglima Besar Jenderal Soedirman merupakan sosok Pahlawan Indonesia yang memiliki dasar agama yang kuat", tegasnya.

Dalam kesempatan ini, mantan Gubernur Akmil tersebut juga menyinggung tentang akhir momen bulan suci Ramadhan kali ini. Ia mengajak seluruh masyarakat agar bersama-sama memanjatkan doa untuk Indonesia, khususnya di Tarakan, agar selalu diberikan perlindungan, keselamatan dan kesehatan oleh Allah SWT

"Jaga persatuan serta kesatuan NKRI, jangan mudah di pengaruhi berita hoax yang mengakibatkan perpecahan bangsa karena ingat, kita adalah Pancasila," pungkasnya.

Acara ini juga dihadiri Ketua MUI Kaltara KH. Zainuddin Dalila yang menyampaikan tausiahnya tentang meningkatkan amal ibadah di akhir bulan Ramadhan.

"Sebagai seorang muslim, bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh rahmat dan ampunan. Betapa sedihnya apabila bulan Ramadhan akan meninggalkan kita. Ujian yang diberikan Allah SWT kepada manusia bisa karena kekayaannya. Dia masuk surga karena kekayaannya, dan bisa pula manusia bisa masuk neraka juga karena kekayaannya. Oleh karenanya di bulan suci ini lah kita diwajibkan berpuasa dan berlomba-lomba menanamkan kebaikan kepada diri kita maupun terhadap sesama," pesannya.

"Maka dapat disimpulkan tujuan dari puasa adalah menciptakan masyarakat yang bertakwa, menciptakan kaum muslimin yang bersungguh-sungguh. Artinya dalam menjalankan ibadah puasa harus dengan penuh rasa tanggung jawab tidak tergoda terhadap makan dan minum saja melainkan menjaga ucapan serta perbuatan negatif yang dapat membatalkan puasa," pungkasnya.

Hadir dalam acara tersebut, di antaranya Gubernur Kaltara Dr. H. Irianto Lambrie, Kasad Jenderal TNI Mulyono, Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., Kasau Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, para Asisten Panglima TNI, para Asisten Kepala Staf Angkatan, Pangdam VI/Mulawarman, Pangkoopsau II, Kapolda Kaltara, Danlantamal XIII, Danguspurlatim, Danguskamlatim, para pejabat TNI-Polri dan Forkopimda wilayah Kaltara. (*)

Sumber: *Dispen Armatim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO