Awal Ramadan, Pengajuan Dana di Pegadaian Tuban Naik 100 Persen

Awal Ramadan, Pengajuan Dana di Pegadaian Tuban Naik 100 Persen Nasabah saat bertransaksi di KCP Pegadaian Tuban. foto: Gunawan Wihandono/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kunjungan masyarakat atau nasabah ke Kantor Cabang Pembantu (KCP) Pengadaian Tuban pada bulan Ramadan mengalami kenaikan dua kali lipat. Pada umumnya mereka datang untuk meminjam tambahan dana untuk modal usaha ataupun untuk kebutuhan sehari-hari.

Kepala KCP Pengadaian Tuban, Eko Ngardianto kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (31/5) mengatakan, jika pada hari-hari biasa kunjungan di beberapa unit cabang sekitar 10 sampai 20 nasabah setiap hari. Namun, kini meningkat hingga 30 hingga 50 pengunjungan dalam sehari.

"Umumnya mereka datang untuk mendapatkan dana tambahan, selain itu untuk mengembangkan usaha juga untuk kebutuhan selama Ramadhan," kata Eko sapaan akrabnya.

Kata dia, pengajuan dana oleh nasabah cukup variatif. Namun, saat ini rata-rata mereka mengajukan kisaran Rp 1 juta ke atas dengan jaminan perhiasan emas. Sedangkan, jaminan BPKB yang maksimal 3 hari baru cair kerap diajukan untuk suntikan modal usaha yang maksimal bisa mencapai Rp 50 juta.

"Beberapa jenis barang digunakan sebagai jaminan, seperti perhiasan emas dan surat-surat berharga," tambah dia.

Sementara itu, untuk tabungan emas, pada semester pertama pada 2017 ini tabungan emas di KCP Pengadaian Tuban telah mencapai sekitar 2.200 nasabah. Tabungan emas merupakan layanan penjualan dan pembelian emas dengan fasilitas titipan untuk mempermudah masyarakat memiliki emas. Capaian tersebut pada Mei 2017 telah mencapai target yang ditentukan.

"Tabungan emas ini untuk mempermudah masyarakat untuk memiliki emas dengan cara menabung dan hanya menitipkan ini biayanya Rp 30.000 per tahun untuk pengelolaan rekening. Dalam kurun waktu satu tahun dapat menyerap 1.000 tabungan emas. Capaian tersebut telah melampaui target yang ditetapkan," sambung Eko. (gun/wan/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO