Danramil Dukun Gresik Didik Siswa SMA tentang Sistem Hankamrata

Danramil Dukun Gresik Didik Siswa SMA tentang Sistem Hankamrata Danramil Dukun Kapten Inf Joko Sarjito saat menyampaikan materi Hankamrata kepada siswa. foto: syuhud/ bangsaonline

GRESIK,BANGSAONLINE.com - Masih minimnya pemahaman para pelajar di Kabupaten Gresik terkait sistim ketahanan dan keamanan rakyat semesta (Hankamrata), mendapatkan atensi khusus Kodim 0817 setempat beserta jajarannya.

Kodim Gresik akhir-akhir ini intens roadshow ke sekolah-sekolah untuk memberikan pemahaman siswa terhadap sistim Hamkamrata. Seperti yang dilakukan oleh Danramil Dukun Kapten Inf Joko Sarjito di SMU komplek Ponpes (pondok pesantren) Ihyaul Ulum Desa Dukun Anyar Kecamatan Dukun, Kamis (18/5/2017).

Di hadapan para siswa, Kapten Inf Joko Sarjito menyatakan bahwa Hankamrata dimaksudkan untuk menanggulangi ancaman dari kekuatan asing. "Yang bertanggung jawab tidak hanya TNI (Tentara Nasional Indonesia) saja, namun juga dibantu oleh rakyatnya. Sehingga, diperoleh kekuatan negara yang cukup disegani oleh Negara Asing karena Indonesia memiliki jumlah penduduk yang tidak sedikit," jelas dia.

Dijelaskan ia, sistem Hankamrata tetap di bawah Komando Presiden sebagai Panglima tertinggi TNI. "Karena itu, Pak Presiden memiliki peran strategis dalam sistem tersebut," terangnya.

Sementara untuk bidang keamanan, adalah tugas Kepolisian/Polri yang didukung oleh partisipasi masyarakat yang dinamakan Linmas (perlindungan masyarakat) yang bertugas menjaga keamanan Indonesia dari tindak kriminalitas bahkan ancaman aksi teror.

"Sejauh ini cukup banyak keberhasilan Polri dalam menjalankan tugas, mulai dari penanganan narkoba, teroris dan Jatanras (kejahatan dan kekerasan) yang mampu diselesaikan dengan baik karena kerjasamanya bersama masyarakat dan unsur-unsur terkait yang tidak bisa dilakukan oleh Negara Asing. Polri dan TNI selama ini telah menjalankan tugas yang diembankannegara dengan baik," pungkas lanjut Kapten Inf. Joko Sarjito. (hud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO