Tersangka Kasus Jasmas Pemprov Jatim Dituntut 5 Tahun Penjara

Tersangka Kasus Jasmas Pemprov Jatim Dituntut 5 Tahun Penjara Toni Heri Sulistyo saat digelandang petugas.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Toni Heri Sulistyo, tersangka kasus program hibah Jasmas Pemprov Jatim dipastikan akan mendekam lama di balik jeruji penjara bila majelis hakim Pengadilan Tipikor mengabulkan tuntutan vonis yang diajukan JPU Kejari Kabupaten Pasuruan.

Untuk diketahui, dalam sidang dengan agenda tuntutan yang digelar Selasa (9/5) pekan lalu, JPU Kejari Kabupaten Pasuruan menuntut Toni hukuman 5 tahun penjara serta mewajibkan terdakwa membayar denda senilai Rp 200 juta. Bila tidak bisa di penuhi, maka denda tersebut diganti dengan hukuman kurungan selama 2 bulan.

Toni juga diwajibkan membayar uang pengganti kerugian negara senilai Rp 1,7 miliar. Bila tidak, harta bendanya akan disita. Namun, andaikan tak mencukupi, maka hukumannya ditambah 2 tahun kurungan.

“Tuntutan sudah kami bacakan dalam sidang pekan lalu. Kami menuntutnya hukuman 5 tahun penjara, serta denda Rp 200 juta subside 2 bulan kurungan dan pembayaran uang pengganti kerugian negera senilai Rp 1,7 juta. Bila tidak, hartanya akan disita namun bila tak mencukupi, maka akan diganti hukuman 2 tahun kurungan,” ungkap Zalmianto Agung Saputra, Kasipidsus Kejari Kabupaten Pasuruan.

Agung menambahkan, tuntutan itu dilayangkan atas pelanggaran Toni yang diduga kuat melakukan tindak korupsi. Ia dianggap melanggar pasal 2 ayat 1 jo pasal 18 ayat 1 UU RI nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dalam UU RI nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan korupsi. Ia ditengarai telah memperkaya dirinya sendiri hingga menyebabkan kerugian negara.

Dikatakan Agung, ada beberapa hal yang memberatkan tuntutan terhadap Toni. Selain tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan korupsi, Toni juga membuat kerugian negara yang tak sedikit.

“Ia belum pernah dihukum dan menjadi tulang punggung keluarga. Itu, yang menjadi pertimbangan hal meringankan untuk Toni,” beber dia.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO