Dandim Gresik Berikan Wawasan Kebangsaan kepada Mahasiswa Unmuh

Dandim Gresik Berikan Wawasan Kebangsaan kepada Mahasiswa Unmuh Dandim 0817 Gresik Letkol Kav. Widodo Pujianto menerima cinderamata dari Rektor I Unmuh Hasan Basri. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bertempat di lantai 8 Hall Sang Pencerah, Jalan Sumatra GKB (Gresik Kota Baru) Kecamatan Kebomas, Dandim 0817 Gresik Letkol Kav. Widodo Pujianto menjadi tamu dalam acara sosialisasi wawasan kebangsaan, Senin (8/5/2017). Acara ini dihadiri ratusan civitas mahasiswa Unmuh (Universitas Muhammadiyah) Gresik.

Pada kesempatan itu, Dandim Letkol Kav. Widodo Pujianto memberikan sejumlah materi, di antaranya tentang teori Malthus tahun 1789. Ia menjelaskan bahwa perkembangan jumlah penduduk, energi yang dibutuhkan, perubahan gaya hidup, perubahan model bisnis dan peta konflik dunia karena latar belakang energi, pangan dan air.

Ia juga memberikan wawasan tentang kompetisi global, penjajahan medsos di Indonesia, teroris, paham radikal dan narkoba.

"Pemahaman wawasan kebangsaan itu sangat penting sebagai benteng para mahasiswa agar tidak dirasuki paham-paham yang tidak benar yang bertentangan dengan nilai-nilai pancasila," kata Widodo.

Pada kesempatan itu, mahasiswa ditekankan soal bahaya narkoba. Sebab, peredaran narkoba saat ini sangat membahayakan generasi bangsa. Banyak anak-anak yang terjerumus ke narkoba.

"Makanya pembinaan dan pembekalan bahaya narkoba itu sangat penting diberikan kepada mahasiswa agar tidak terjerumus terhadap barang terlarang itu," pungkasnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO