Pembangunan Kilang Minyak Rosneft Memasuki Tahap Pembahasan Izin Amdal

Pembangunan Kilang Minyak Rosneft Memasuki Tahap Pembahasan Izin Amdal Bupati Tuban Fathul Huda saat Media Gathering terkait progres pembangunan kilang minyak Rosneft. foto: GUNAWAN WIHANDONO/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Progres pembangunan Kilang Minyak di wilayah Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, hasil kerjasama antara perusahaan Energi Rusia Rosneft dengan Pertamina saat ini mulai memasuki tahap Rona, atau penyusunan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal).

Hal ini diungkapkan Ketua Tim Proyek RFCC Amir Siagian saat media gathering, Jumat (28/4). Ia menyampaikan, bahwa hasil Rona (kondisi sebelum kilang beroperasi) akan diuji laboraturium di Jakarta.

"Sebelum izin Amdal keluar, sidang akan dilaksanakan dan melibatkan seluruh Stakeholder. Pertengahan Mei sidang Amdal dilaksanakan, bulan Juni izinnya akan keluar," jelas Amir kepada BANGSAONLINE.com.

Amir menjelaskan bahwa tahapan ini bertujuan untuk mengetahui kadar pencemaran lingkungan baik air maupun udara di sekitar kawasan Kilang Minyak. Nantinya sekitar 30 persen tenaga kerja lokal dilibatkan dalam pembangunan yang akan dimulai bulan depan.

“Kondisi lingkungan sebelum kilang beroperasi dibandingkan dengan saat pabrik beroperasi, ada pencemaran lingkungan atau tidak,“ terang Amir.

Sementara itu, Bupati Tuban Fathul Huda berharap, pembangunan kilang minyak dapat dimaksimalkan dengan baik oleh masyarakat sekitar, sehingga masyarakat dapat menikmati manfaat dari proyek tersebut.

"Jangan sampai ada pengangguran di kawasan proyek kilang minyak," tegasnya. (gun/wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO