Wagub Berikan Bantuan Life Jacket untuk Penumpang dan Penambang Perahu di Wringinanom

Wagub Berikan Bantuan Life Jacket untuk Penumpang dan Penambang Perahu di Wringinanom Wagub Jatim Saifullah Yusuf didampingi Kadishub Gresik Andhy Hendro Wijaya saat meninjau tambang perahu di Desa Wringinanom. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Provinsi Jawa Timur memberikan bantuan berupa life jacket kepada penumpang dan penambang perahu di Wringinanom. Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan oleh Wagub Jatim Saifullah Yusuf kepada penambang di kantor Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik, Kamis (27/4/2017).

Pada kesempatan itu, Gus Ipul, panggilan akrab Wagub, mengatakan jika life jacket ini untuk mengantisipasi terulangnya tragedi perahu tambang tenggelam di Kali Surabaya Desa Sumberame Kecamatan Wringinanom. Dalam peristiwa itu, lima korban jiwa melayang.

Didampingi Kadishub Pemkab Gresik Andhy Hendro Wijaya, Gus Ipul menyatakan, bahwa pemberian life jacket sebagai upaya untuk melindungi keselamatan para penambang dan penumpang. "Sehingga, ketika ada kejadian seperti perahu karam, mereka bisa memanfaatkan life jacket tersebut untuk keselamatan," katanya.

Sementara pasca adanya insiden tersebut, penambangan perahu rute Desa Serbo Balongbendo Sidoarjo menuju Desa Sumberame Kecamatan Wringinanom ditutup.

"Langkah ini dilakukan selain karena faktor tidak memenuhi syarat, juga faktor dalam penyelidikan aparat kepolisian," jelasnya. "Sedikitnya, di wilayah Wringinanom ada 2 tambang yang ditutup karena tak memenuhi syarat," sambungnya.

Gus Ipul juga meminta semua operator perahu tambang menaati aturan yang ditetapkan. Yakni, perahu harus berukuran panjang 12 meter dengan lebar 2 meter, dan maksimal memuat kendaraan 8 unit roda dua, dan penumpang maksimal 16 orang.

"Saya berharap, semua penambangan di Jawa Timur berjalan aman, lancar dan terkendali," pungkasnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO