Inilah Terowongan untuk Meracik Senjata Kimia selama Perang Dunia II

Inilah Terowongan untuk Meracik Senjata Kimia selama Perang Dunia II Pintu keluar terowongan yang sudah ditembok. foto: mirror.co.uk

RHYDYMWYN, BANGSAONLINE.com - Sebuah yang ditetapkan sebagai cagar budaya, terdapat di Rhydymwyn dekat Mold. Terowongan yang diberi nema Valley Works ini adalah tempat meracik senjata kimia, pada awal perang kedua.

Terowongan ini dibuka untuk umum, hanya untuk beberapa kali saja. Dan untuk pertama kalinya orang bisa melihat bagaimana senjata kimia diracik, dan siap diledakkan dalam bentuk gas. Terowongan ini diresmikan pembukaannya oleh setelah dibuka Sekretaris Kabinet untuk Ekonomi dan Infrastruktur, Ken Skates.

Valley Works dibuka tahun 1939, saat pecahnya Perang Dunia Kedua atas perintah Winston Churchill, demikian lapor Daily Post.

Anggota Rhydymwyn Valley History Society menemukan bukti bahwa sedalam beberapa mil di kawasan cagar alam ini memiliki peran strategis utama selama Perang Dingin, setelah permintaan Freedom of Information dikirim ke Departemen Keuangan.

Sejarawan percaya bahwa pekerja telah membuat 40.000 bom gas mustard dalam seminggu, di pabrik rahasia selama Perang Dunia II. Di sini juga dilakukan penelitian yang membantu mengembangkan bom atom pertama.

Acara ini Diselenggarakan oleh Rhydymwyn Valley History Society. Terowongan dibuka pada 21 Mei, 18 Juni, 16 Juli dan 17 September. Termasuk ceramah tentang sejarah dan pembangunan .

Wisata dapat dipesan secara online, dengan biaya £ 5 per orang, namun tempat-tempat terbatas.

Sumber: mirror.co.uk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO