Punya Ciri Khas, Kopi Lereng Semeru Siap Bersaing di Nusantara

Punya Ciri Khas, Kopi Lereng Semeru Siap Bersaing di Nusantara foto: gemapalu

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Jika membandingkan dengan kopi yang lebih dulu terkenal di nusantara, mungkin selama ini produk kopi dari Lumajang masih kurang eksis. Namanya kurang populer.

Tapi secara kualitas, kopi dari perkebunan Lereng Semeru ternyata tak kalah jauh. Tinggal sedikit sentuhan untuk bisa bersaing di nusantara.

Hal ini dikemukakan oleh Kepala Dinas Perdagangan Lumajang Drs. Agus Eko. Menurutnya, Kopi Lereng Semeru merupakan salah satu produk unggulan dari Lumajang yang kini sudah mulai digarap serius. Peminat kopi ini ini lebih banyak dari luar daerah.

Ia menjelaskan bahwa Kopi Lereng Semeru merupakan kopi yang diolah olah para petani yang ada di Kecamatan Pasrujambe. Produk ini sudah laku banyak saat dibawa Misi Dagang ke Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan pada waktu lalu. “Ada 3 jenis kopi, laku 8 ton,” kata Agus.

Saat ini pengemasan kopi juga terus ditingkatkan untuk menambah nilai jual dari produk itu sendiri. Bahkan, kata Agus, untuk di Jawa Timur, kopi dari Lumajang sudah bisa bersaing dengan Kabupaten lain di Jawa Timur, yang sudah lebih dulu dikenal produk kopinya. Seperti Bondowoso yang saat ini hasilnya sudah banyak yang mengakui bagus.

Agus menjelaskan, beberapa keunggulan dari Kopi Lereng Semeru sehingga mulai banyak peminatnya. Di antaranya dari segi fisik, warnanya tidak kusam, alias cerah. Selain itu juga aroma yang ditimbulkan dinilai enak dan khas.

Agus berharap, ke depan produk kopi ini bisa terus digarap dengan maksimal, sehingga lebih banyak lagi peminatnya. Serta namanya bisa bersaing dengan kopi nusantara lain yang sudah lebih dulu eksis.

"Semoga kedepan bisa lebih banyak pemintanya lagi,” pungkasnya (ron/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO