Didukung 100 Pengelola Media Online, SMSI Jawa Timur Terbentuk

Didukung 100 Pengelola Media Online, SMSI Jawa Timur Terbentuk

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sekitar 100-an pengelola (media online) menghadiri pertemuan yang difasilitasi Persatuan Wartawan Indonesia () Provinsi Jawa Timur di kantor Jatim, Jumat (21/4).

Dalam penjelasannya, Ketua Jatim Akhmad Munir mendapatkan mandat dari Pusat, untuk mengakomodasi dan memfasilitasi pengelola media siber di Jatim, agar mereka memiliki payung organisasi.

“Alhamdulillah, Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Jawa Timur hari ini bisa terbentuk,” ujar Ketua Jatim, Akhmad Munir. Sebelumnya, secara nasional sudah dibentuk kepengurusan SMSI pada 27 provinsi di Indonesia.

Ketua Jatim Akhmad Munir (kiri), didampingi Djoko Tetuko dan Yousri Nur Radja Agam. 

“Ini berarti kepengurusan SMSI Provinsi ke-28,” tambah Munir yang juga Kepala Biro LKBN ANTARA Jatim. Di tingkat Pusat, SMSI dideklarasikan pada 17 Maret 2017 yang diinisiasi Pusat.

Menurut Munir, SMSI Jatim akan menjadi wadah bagi para pengelola di Jatim,agar mereka bisa bekerja sesuai dengan tugas dan fungsinya. Sebagai , pengelola wajib menjalankan usaha ini layaknya badan usaha lainnya.

Itu sebabnya, harus dikelola seperti mengelola bisnis pada umumnya,sehingga bisa menghasilnya keuntungan. Sedangkan keuntungan itu akan menjadikan karyawannya sejahtera.

“Namun, di sisi jurnalistik, awak medianya juga harus bekerja dan menjalankan tugas jurnalistik, sesuai dengan kode etik jurnalistik. Kami berharap setelah bergabung dengan SMSI ini, ada perubahan lebih baik terhadap anggotanya, termasuk dalam bidang jurnalistiknya,” lanjut Munir.

Dalam pertemuan membentuk kepengurusan SMSI Jatim, para pengelola yang hadir sepakat menunjuk Eko Pamuji (duta.co) sebagai Ketua, Seketaris : Makin Rahmat (transparansi.com) dan Syaiful Anam (jatimpos.com) dan Bendahara : Andy Setyawan (surabayaonline.co), Moh Rifai (suryamadura.com) dan Titis (bhirawa.co).

Ditemui usai acara, Eko Pamuji yang ditunjuk sebagai ketua SMSI Jatim menyatakan, ke depan akan menjadi bagian penting dari media massa, karena itu perusahaannya harus dikelolasecara professional.

“Demikian pula wartawannya harus menjalankan tugas-tugas jurnalistik secara professional,” tandas Eko Pamuji yang juga Sekretaris Jatim itu kepada BANGSAONLINE.com.

Selanjutnya, pengurus SMSI Jatim yang sudah terbentuk itu akan disampaikan ke SMSI pusat agar segera mendapat SK pengesahan. Setelah itu SMSI akan menjadi konstituan baru di . Berikut susunan lengkap pengurus SMSI Jatim. (dur/rev)

DEWAN PENASEHAT

Ketua : Akhmad Munir

Anggota : Arif Afandi, Djoko Teturo, Nur Wahid, Luthfil Hakim, Abdurrahman Ubaidah, Mukhammad Kaiyis, Andung Kurniawan,Nawang Esthi, Yousri Nur Radja Agam, Suyono, Mega Wulandari, Agus Suratno, H Agus Taufan, H Samudi,Mohammad Masduki.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO