68 Tim GTT di Tuban Ikut Lomba Olahraga Tradisional, Rebutkan Tiket Tingkat Jatim

68 Tim GTT di Tuban Ikut Lomba Olahraga Tradisional, Rebutkan Tiket Tingkat Jatim Lomba olahraga tradisional gobak sodor di GOR Rangga Jaya Anoraga. foto: GUNAWAN WIHANDONO/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten , menggelar lomba olahraga tradisional khusus bagi Guru Tidak Tetap (GTT) di lapangan gelanggang olahraga (GOR) Rangga Jaya Anoraga, Jalan Sunan Kalijaga , Rabu (12/4).

Ada empat Cabang Olahraga (Cabor) yang dilombakan dan diikuti sebanyak 68 grup dari 18 kecamatan. Empat Cabor tersebut antara lain gobak sodor, terompah panjang, dagongan, dan egrang.

Kepala Disparbudpora Kabupaten , Sulistiyadi menjelaskan, kompetisi olahraga tradisional ini tidak hanya diselenggarakan di saja. Bagi grup terbaik yang menjuarai masing-masing Cabor, akan dikirim ke lomba berikutnya di tingkat Jawa Timur.

"Setiap juara masing-masing Cabor akan diikutkan lomba di tingkat Provinsi," ujar Didit sapaan akrabnya.

Didit menambahkan, lomba tersebut dibuka oleh Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) .

"Secara instansi, Disparbudpora tidak bisa lepas dari KONI. Meskipun secara regulasi berbeda, tapi di KONI juga ada Cabor olahraga tradisional yang dinaungi Federasi Olahraga Rekreasi-Masyarakat Indonesia atau FFORMI. Dalam kegiatan ini kami bekerja sama dengan KONI ," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua KONI , Mirza Ali Mansyur, sangat mengapresiasi kegiatan olahraga tradisional yang digagas Pemerintah Daerah melalui Disparbudpora tersebut. Selain memprioritaskan olahraga prestasi, olahraga berbasis masyarakat juga tak kalah penting.

"Olahraga tradisional ini dapat menjadi alternatif masyarakat dalam berolahraga," jelasnya.

Ia menyampaikan, tahun lalu banyak atlet olahraga tradisional yang telah direkrut menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemkab . Oleh karena itu, sudah seharusnya Pemkab menyiapkan atlet baru untuk menyambut kejuaraan tingkat Provinsi maupun Nasional.

"Alhamdulillah olahraga tradisional ini masih diminati oleh guru-guru," pungkasnya. (gun/wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO