Tanya-Jawab Islam: Diganggu Jin, Ayat Apa yang Dibaca untuk Ruqyah?

Tanya-Jawab Islam: Diganggu Jin, Ayat Apa yang Dibaca untuk Ruqyah? DR KH Imam Ghazali Said MA

>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<

Pertanyaan:

Assalamualaikum wr wb. Bpk KH. Imam Ghazali saya mau tanya, baca ayat apakah untuk ruqyah? Saya mau bantu mengeluarkan jin atau sejenisnya. Suami ketempatan jin dari warisan almarhum bapaknya. Tiap tahun harus diberi sesajen, kalau gak maka marah-marah dalam diri suami atau kerasukan. Katanya gak bisa hilang sampai kiamat. Tapi saya yakin bisa dihilangkan, dengan bantuan orang-orang yang lebih ngerti akan alam gaib, yakin pada Allah swt juga. Tks. (Ayuk, Kaltim)

Jawaban:

Ruqyah (Bahasa Arab) atau dalam bahasa Indonesia popular dengan kata suwuk, jampi-jampi atau mantra adalah sebuah doa yang dipanjatkan untuk memohon perlindungan agar terhindar dari marabahaya. Artinya berlindung kepada Allah dari hal buruk yang sedang atau akan menimpa yang dibarengi dengan doa untuk sembuh dari suatu penyakit atau gangguan.

Pada dasarnya Ruqyah dan jampi-jampi ini dilarang oleh Rasul, kecuali ruqyah yang terhindar dari kesyirikan lah yang diperbolehkan. Ibnu Masud melaporkan sebuah hadis bahwa Rasul bersabda:

“Sesungguhnya jampi-jampi, jimat-jimat dan guna-guna adalah syirik”. (Hr. Ibnu Majjah:3530)

Ayah Aqar bin al-Mughirah juga melaporkan hadis bahwa Rasul bersabda:

“Barang siapa yang menyetrika (menandai) badannya atau meruqyah, maka ia telah lepas dari rasa tawakkal (kepada Allah)”. (Hr. Turmuzi:2055)

Semua ruqyah di atas dilarang karena mengandung unsur syirik kepada Allah dan menghilangkan rasa tawakkal kepada-Nya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO