Siswa Madrasah di Blitar Sholat Ghaib dan Galang Dana untuk Korban Longsor Ponorogo

Siswa Madrasah di Blitar Sholat Ghaib dan Galang Dana untuk Korban Longsor Ponorogo Siswa MI Al Islah saat melakukan penggalangan dana untuk korban tanah longsor di Ponorogo. foto: AKINA/ BANGSAONLINE

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Sebagai aksi solidaritas kemanusiaan kepada korban bencana tanah longsor di Ponorogo,  300 siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Islah Desa Jeblok, Talun Kabupaten Blitar menggelar sholat ghaib di masjid dalam sekolah mereka, Jumat (07/03).

Dipimpin kepala sekolah, ratusan siswa-siswi tersebut nampak antusias mengikuti sholat gaib.

Setelah usai melaksanakan sholat ghaib, beberapa siswa juga menggalang dana, untuk disumbangkan kepada korban tanah longsor. Tanpa rasa canggung, beberapa anak anak langsung mendatangi siswa-siswi lain mulai dari kelas 1 sampai kelas 6 dengan membawa kotak kardus.

Dari pantauan wartawan, terlihat tidak hanya siswa-siswi saja yang antusias. Namun seluruh guru dan karyawan sekolah juga turut berpartisipasi memberikan sumbangan.

"Ini adalah salah satu pembelajaran kepada anak-anak agar peka dan peduli terhadap sesama. Utamanya saudara-saudara kita di Ponorogo yang saat ini sedang ditimpa bencana. Semoga yang selamat diberikan kesabaran, dan yang meninggal jasadnya cepat diketemukan, " tutur Damiri, kepala sekolah MI Al Ishlah Jeblog, Talun.

Sementara salah satu siswa, Putri (10) kepada wartawan mengaku, sebelumnya memang sudah ada pemberitahuan dari guru jika akan ada penggalangan dana. Ia pun dengan sukarela sengaja menyisihkan sebagian uang jajanya untuk disumbangkan kepada korban tanah longsor di Ponorogo.

"Sebelumnya ada surat pemberitahuan kepada orang tua. Trus hari ini ibu saya memberi uang jajan lebih agar sebagian bisa disumbangkan," kata Putri dengan polos.

Setelah kurang lebih satu jam, penggalangan bantuan tersebut mengumpulkan dana sekitar Rp 3 juta. Rencananya pihak sekolah akan menitipkan uang hasil penggalangan dana tersebut ke badan SAR Kabupaten Blitar yang berdasarkan informasi akan berangkat ke Ponorogo pekan depan.

"Nanti akan langsung kita titipkan ke badan SAR Kabupaten Blitar dan kami berharap sumbangan ini bermanfaat," lanjut Damiri. (blt1/tri/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO