DPRD Pasuruan Minta Pemkab Berinovasi Kembangkan Wisata Bahari

DPRD Pasuruan Minta Pemkab Berinovasi Kembangkan Wisata Bahari Ski Lot, salah satu potensi wisata di Pasuruan. foto: lekok

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Cukup banyaknya potensi wisata bahari di Kabupaten Pasuruan tampaknya belum sepenuhnya dikelola dengan baik. Padahal potensi yang dimiliki tersebut manakala dikelola dengan baik, maka akan berimplikasi pada sosial, ekonomi dan kebudayaan. Wisata bahari di Pasuruan seperti ski lot, petik laut, hutan mangrove dan lainnya, terbukti selalu mendatangkan banyak pengunjung.

Kalangan dewan pun mendesak Bupati Pasuruan, dalam hal ini Dinas Perikanan dan Kelautan untuk lebih berinovasi dalam pengembangan dan pengelolaan wisata. Tujuannya, agar wisata tersebut bisa lebih dikenal masyarakat luas, tak hanya pengunjung lokal.

Desakan tersebut disampaikan oleh Ketua Komisi II DPRD, Andri Wahyudi. Ia berharap Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) banyak melakukan terobosan yang riil dalam pengembangan potensi wisata yang dimiliki. Ia mencontohkan potensi wisata seperti petik laut dan ski lot yang notabenenya adalah tradisi masyarakat. Ia berpendapat bahwa harusnya acara seperti ini bisa dikemas lebih baik sehingga bisa mendatangkan banyak wisatawan.

“Obyek wisata tersebut jika di kelola dengan baik akan memberikan peluang ekonomis bagi masyarakat, yakni melalui promosi,“ jelasnya

Politisi PDIP ini meminta pemerintah untuk tanggap dan selalu bekerja keras dalam melihat peluang dan memanfaatkannya untuk kemakmuran rakyat.

"Dalam hal ini pemerintah sebagai pemegang kebijakan harus meyiapkan sebuah regulasi/kebijakan yang mendukung pengembangan pariwisata bahari. Tak hanya itu saja, dibutuhkan pemetaan terhadap potensi pariwisata bahari yang dimiliki secara secara berkesinambungan mulai nilai, karakteristiknya, penyediaan sarana infarstruktur pendukungnya, guna menopang perekonomian," pungkasnya. (bib/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO