Pesantren di Pasuruan akan Dibantu untuk Budidaya Ikan, DKP Siapkan Rp 500 Juta

Pesantren di Pasuruan akan Dibantu untuk Budidaya Ikan, DKP Siapkan Rp 500 Juta Rapat kerja Komisi II dengan Dinas Kelautan dan Perikanan.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesantren di wilayah Kabupaten Pasuruan dan peningkatan ekonomi bidang perikanan di lingkungan pesantren, Pemkab Pasuruan pada tahun 2017 telah menyiapkan beberapa program unggulan. Salah satu program tersebut yakni pemberdayaan budidaya ikan.

Untuk mewujudkan itu, Dinas Kelautan dan Perikanan sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 500 juta yang bersumber dari APBD. Saat ini pihak Dinas masih melakukan verifikasi beberapa usulan dari pesantran muapun lembaga pendidikan

“Anggaran yang disiapkan dari APBB sebesar Rp 2017, saat ini kami masih melakukan verifikasi calon penerima,“ jelas Ir Slamet Nur Handoyo yang didampingi Ir Sugeng, Kabid Budidaya Perikanan

Sugeng menambahkan, setiap pesantren/calon penerima yang sudah memenuhi persyaratan akan mendapat bantuan berupa 3 fiber kolam, bibit ikan, dan pakan ikan yang diberikan selama 2 bulan secara gratis

"Sebelum digulirkan pada sekitar bulan April atau Mei nanti, para penerima program tersebut terlebih dahulu diberikan pelatihan dasar teknis tata cara pengelolaan ikan secara betul, sehingga program tersebut bisa berdampak positif untuk menunjang pendapatan mereka," terang Slamet.

Sementara penerima program bantuan itu disyaratkan  berbadan hukum Kemenkumhan dan sudah berusia selama 3 tahun. Tak hanya pesantren, yayayan yang sudah memiliki legalitas resmi juga bisa diajukan untuk mendapatkan bantuan program tersebut.

Terpisah anggota Komisi II H Juriyanto yang dikonfirmasi BANGSAONLINE.com mengapresiasi program tersebut. Menurutnya, program tersebut cukup bagus untuk menumbuhkan jiwa wirausaha bagi kalangan pesantren. Namun Juriyanto mewanti-wanti agar Dinas terkait sebelum program tersebut digulirkan mengecek para calon penerima secara selektif.

"Kita mendorong pihak Dinas terkait sebelum menggulirkan program itu, tapi calon penerima hibah hendaknya dicek secara hati-hati. Tujuannya agar betul-betul tepat sarasannya,” jelas politisi asal Tutur ini. (psr3/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Santri di Pasuruan Gagalkan Kawanan Pencuri Motor di Pasuruan.':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO