1213 Penari Cilik Beratraksi di SLG Kediri

1213 Penari Cilik Beratraksi di SLG Kediri Para penari cilik saat beratraksi di area Simpang Lima Gumul (SLG) Kediri.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 1213 penari cilik beratraksi dengan menggelar tarian Panji Kolosal dalam rangka Hari Jadi Kediri yang Ke-1213. Kegiatan ini digelar di area Simpang Lima Gumul (SLG) atau tepatnya di depan Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri, Minggu (26/3).

Acara ini diawali dengan tari penyambutan “si kleting” dan aksi paduan suara dari ibu-ibu penggerak PKK desa se-Kabupaten Kediri. Setelah paduan suara selesai, dilanjutkan dengan penampilan tari panji kolosal 1213 penari yang terdiri dari anak-anak SD se-Kabupaten Kediri dengan tajuk tari greget jaranan alit.

Usai tari kolosal adalah prosesi hari jadi Kediri ke 1213 tahun 2017 dan pembacaan prasati harinjing. Menarik dalam bagian ini adalah juga dilakukan serah terima alih media naskah panji dari Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia kepada Bupati Kediri.

Menutup sajian tari kolosal adalah pementasan 500 penari siswa SMP se-Kabupaten Kediri. Dalam penampilannya, sajian aneka tari dibagi 3 kelompok besar. Yakni Kaprawiran Sang Panji, Panji Enom, Panji Gumelar.

Bupati Kediri, dr. Hj Haryanti Sutrisno dalam kesempatan ini mengapresiasi positif gelaran tari kolosal ini. Ia berharap khasanah budaya panji menjadi lebih berkembang lagi dan menjadi ikon identitas kebanggaan bagi Kabupaten Kediri.

“Tentunya membutuhkan peran semua pihak di Kabupaten Kediri agar budaya panji menjadi kearifan lokal yang bisa menjadi kebanggan warga Kediri dan pada akhirnya bisa dinikmati wisatawan. Sehingga semangat patriotisme panji bisa menjadi tauladan dalam diri kita dalam membangun Kabupaten Kediri, Saiyeg Mbangun Kediri Makmur,” terang Bupati Kediri.

Turut hadir dalam acara ini Ketua DPRD Kabupaten Kediri, Kepala Perpustakaan Republik Indonesia, Kapolres Kediri, Dandim 0809, Kajari Ngasem Kediri, Kapolres Kediri Kota, Sekda Kediri. (rif/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO