Dukung Adiwiyata di SMKN 3 Tuban, UTSG Gelar Penanaman 500 Pohon Bersama Siswa

Dukung Adiwiyata di SMKN 3 Tuban, UTSG Gelar Penanaman 500 Pohon Bersama Siswa Para siswa kompak melakukan penanaman 500 pohon di lingkungan sekolah. foto: SUWANDI/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Tuban mulai mempersiapkan diri dalam menyongsong lomba adiwiyata 2017 tingkat Provinsi Jawa Timur. Persiapan itu di antaranya dilakukan dengan bekerja sama dengan perusahaan yang berada di sekitarnya, salah satunya PT United Tractor Semen Gresik (UTSG).

Dalam kerja sama menyambut lomba adiwiyata, UTSG menggelar penanaman 500 pohon di lingkungan sekolah, Rabu (15/3). Selain itu, perusahaan dan sekolah juga melepas puluhan burung pipit di sekitar lingkungan sekolah.

Kepala SMK Negeri 3 Tuban, Sucipto kepada BANGSAONLINE.com mengungkapakan terima kasih kepada UTSG yang mendukung kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan ini tidak hanya sekedar menanam, namun bagaimana program ini bisa membentuk karakter siswa dalam mencintai lingkungan sekitar dan kehidupan.

“Kalau hanya sekedar menanam itu hanya sebagaian kecil, tetapi bagaiamana caranya siswa di sini tidak hanya menjadi penonton. Terlebih mendapat imbas baik dari perusahaan,” ujar Cipto sapaan akrabnya.

Lanjut Cipto, persiapan menuju adiwiyata provinsi sudah disiapkan sejak 2 minggu yang lalu. Berbagai stakeholder yang ada sudah diajak kerja sama, mulai dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) hingga berbagai perusahaan yang ada di sekitar. Harapannya, dukungan dari berbagai elemen SMKN 3 Tuban pada 2017 ini dapat berbuah prestasi dalam lomba adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Timur.

“Tahun ini target kami adiwiyata provinsi harus dipegang dulu. Kalau sudah berhasil, tahun berikutnya dilanjutkan adiwiyata nasional,” tambah Cipto

Masih kata Cipto, pihaknya berharap kerja sama dengan perusahaan ini terus berlanjut, bahkan bila perlu, sebagian kebutuhan sekolah nantinya juga dicukupi oleh perusahaan.

"Seperti, bantuan alat pengelolaan pupuk kompos, program ternak burung puyuh dan program budidaya jamur maupun peralatan lain. Selain meminta bantuan alat, kami juga berharap UTSG menyalurkan pelatihan-pelatihan kepada anak-anak didik kami, supaya mereka tidak hanya menjadi penonton di daerahnya sendiri," pungkasnya.

Sementara itu, Direktur Utama UTSG, Susilo Kartri mengungkapkan bahwa program penanaman 500 pohon merupakan bentuk komitmen perusahaan yang peduli pada sektor lingkungan dan pendidikan. 

“Kami akan membantu sekolah ini demi mewujudkan prestasi adiwiyata tingkat Jawa Timur, dan ke depan terus menyupport agar SMKN 3 Tuban menjadi sekolah yang berprestasi,” pungkasnya.(wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO