210 Siswa SD di Nganjuk Ikuti Seleksi Pocil Angkatan VI

210 Siswa SD di Nganjuk Ikuti Seleksi Pocil Angkatan VI Kasat Lantas Polres Nganjuk AKP Cristoper Adikara Lebang SH SIK saat menerima 210 murid yang siap mengikuti tes seleksi Pocil. foto: BAMBANG DJ/ BANGSAONLINE

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Membentuk karakter bangsa dengan menanamkan kedisiplinan sejak usia Sekolah Dasar (SD) sangat penting untuk menjaga jiwa nasionalisme terhadap anak-anak. Hal ini disampaikan Kasat Lantas Polres Nganjuk AKP Cristoper Adikara Lebang SH SIK Saat membuka pelaksanaan seleksi Polisi Cilik (Pocil) bertempat di Gor Bung Karno, Rabu (15/3).

Sebanyak 210 murid dari 39 SD yang berada di Kabupaten Nganjuk mengikuti seleksi. Jumlah peserta sebanyak itu merupakan hasil seleksi sebelumnya, yakni di tingkat kecamatan. Dari jumlah tersebut, nantinya hanya akan dipilih 30 murid.

"Dari 30 yang lolos seleksi, nantinya akan diikutkan pertandingan di tingkat Provinsi Jawa Timur. Mereka akan mendapatkan pembinaan dari anggota Polres selaku Ketua Pembina IPDA Hery Buntoro SH," papar Cristoper.

Cristoper mengatakan, pelaksanaan seleksi pocil ini berkerja sama dengan Dinas Pendidikan, guna menanamkan tingkat kedisiplinan pelajar sejak usia dini.

“Pocil ini kan tujuannya untuk menanamkan sikap disiplin, tertib dan taat dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Serta mampu menjadi contoh bagi anak lainnya untuk dapat bersikap disiplin,” kata Cristoper, kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (15/03).

“Saya berharap seperti yang sudah pernah didapat angkatan V mendapat juara II, semoga tahun ini Nganjuk menjadi juaranya,” tutur Kasat Lantas Nganjuk, Cristoper.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Dra Widyasti Sidhartini MSi menambahkan, program pocil ini merupakan pembekalan dalam kedisiplinan yang berkarakter. Sebab, selain belajar di sekolah pada umumnya, para siswa juga harus mendapatkan pendidikan karakter.

Lihat juga video 'SMPN 1 Kertosono Launching Digitalisasi Sekolah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO