Lahir di RSUD Sidoarjo, Bayi Langsung Dapat Akta dan KK

Lahir di RSUD Sidoarjo, Bayi Langsung Dapat Akta dan KK Orang tua Zia Raihana Arief menunjukkan akta kelahiran dan KK gratis dari program Alamak, di RSUD Sidoarjo, Kamis (9/3). foto: mustain/ BANGSAONLINE.com

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - RSUD Sidoarjo kembali membuat inovasi pelayanan publik. Kali ini berupa pemberian akta kelahiran dan kartu keluarga (KK) bagi bayi yang dilahirkan di RSUD Sidoarjo. Inovasi ini bernama Alamak (Anak Lahir Membawa Akta dan Kartu Keluarga). Terobosan pelayanan publik ini bekerjasama dengan Dispendukcapil Sidoarjo.

Bayi perempuan bernama Zia Raihana Arief menjadi bayi pertama yang menikmati pelayanan pemberian akte kelahiran dan KK gratis ini. Anak ketiga pasangan Arief Bowo Kurniawan dan Rochmy Laily Novita asal Desa Ganting Kecamatan Gedangan ini, lahir pada Rabu (8/3). Sehari kemudian, Kamis (9/3), akte kelahiran atas nama Zia Raihana Arief sudah jadi.

Nama Zia juga sudah masuk dalam KK baru. “Dengan pelayanan ini, orang tua tidak perlu wira-wiri lagi ngurus berkas untuk akta kelahiran dan KK setelah melahirkan bayinya. Ini juga untuk memangkas birokrasi,” cetus Direktur RSUD dr Atok Irawan di sela menyerahkan simbolis akta kelahiran dan KK kepada orang tua Zia Raihana Arief, di RSUD Sidoarjo, Kamis (9/3).

Kata dr Atok, inovasi Alamak ini diharapkan bisa semakin membuat nyaman para ibu yang melahirkan di RSUD Sidoarjo. Setiap harinya rata-rata bayi lahir di RSUD sebanyak 4-5 bayi.

“Inovasi Alamak ini bisa mempermudah orang tua untuk mendapatkan akte kelahiran dan KK secara mudah,” bebernya.

Agar bisa menikmati layanan Alamak ini, dalam masa pemeriksaan kandungan usia 7 bulan, ibu yang akan melahirkan harus sudah menyiapkan nama bayi. Hal itu untuk mempermudah pengurusan akta kelahiran dan KK ke Dispendukcapil.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO