Lantai Basement Balai Pemuda mulai Dioperasikan untuk Parkir

Lantai Basement Balai Pemuda mulai Dioperasikan untuk Parkir Kendaraan roda dua yang parkir dan petugas dishub yang menjaga.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meminta lahan parkir di basement Balai Pemuda dioperasikan. Makanya, Dishub Kota Surabaya langsung mengoperasikan parkir itu untuk kendaraan roda dua, dan ke depannya bakal dipakai juga untuk parkir kendaraan roda empat.

“Sudah dioperasionalkan untuk parkir yang bagian basement saja atas permintaan Bu Wali semingguan ini. Namun masih hanya diperuntukkan untuk parkir kendaran roda dua saja, belum kendaraan roda empat atau mobil,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) kota Surabaya Irvan Wahyu Drajat kepada wartawan di kantornya, Kamis (2/3).

Menurut Irvan, parkir basement itu bisa memuat 17 kendaraan roda empat atau mobil. Tetapi karena masih dipakai hanya untuk kendaraan roda dua, maka bisa memuat ratusan kendaraan motor. “Bila sudah penuh di bagian basement, para pengendara roda dua yang ingin parkir diarahkan untuk parkir di bagian atas basement,” ujarnya.

Parkir basement Balai Pemuda dikerjakan bertahap hingga tahap ke-3. Saat ini pembangunan tahap-2 sudah memasuki tahap lelang, dan tahap-3 memasuki kajian utilitas.

Tidak hanya parkir basement, Wali Kota Risma juga ingin menjadikan Balai Pemuda sebagai tempat berkumpulnya warga dan pemuda untuk berkreasi seni dan budaya.

Wali Kota perempuan pertama di Surabaya juga membangun plasa yang dilengkapi amphitheater di bawah tanah kawasan Balai Pemuda, yang menghubungkan dengan tanah Pemkot yang ada di seberang (pojok Jalan Pemuda-Yos Sudarso).

Di dalam plasa bawah tanah, Risma akan melengkapi dengan pembangunan pusat oleh-oleh khas Surabaya dan panggung atraksi yang menampilkan pagelaran seni tradisional tentang sejarah Kota Surabaya.

Petugas parkir dari Dishub Surabaya Fonny Mawar Sari mengatakan, keamanan parkir di Balai Pemuda terjamin karena ada Closed Circuit Television (CCTV) di pintu masuk dan keluar. Setiap masuk dan keluar para pengendara akan diketahui identitasnya melalui CCTV itu.

“Rencananya akan ditambah CCTV pada bulan ini. Tetapi untuk sementara, ada petugas Dishub ada yang mengecek di basement setiap waktunya,” kata Fonny saat berjaga di parkir basement itu. (yul/rev) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO