3 Kecamatan di Tuban Dijadikan Sentra Produksi Cabai, Kirim hingga ke Luar Kota

3 Kecamatan di Tuban Dijadikan Sentra Produksi Cabai, Kirim hingga ke Luar Kota Cabai hasil Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Ada tiga kecamatan di Kabupaten Tuban yang kini diplot menjadi sentra penghasil dan pemasok cabai ke luar kota. Yakni, Grabagan, Bancar dan Soko.

Murtadji, kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tuban, membeberkan bahwa Kecamatan Grabagan yang memiliki luas lahan tanam seluas 1.990 hektar (Ha) mampu memproduksi sebesar 144.800 Kwintal (Kw) cabai.

Untuk Kecamatan Bancar, dengan luas lahan tanam 1.439 Ha bisa memproduksi 15.751 Kw cabai. Sedangkan, untuk Kecamatan Soko dengan luas lahan tanam 1.107 Ha menghasilkan 4.901 Kw cabai per musim tanam.

''Untuk kecamatan lain juga banyak yang menanam cabai. Tetapi yang paling banyak tiga kecamatan itu,'' kata Murtadji saat dihubungi BANGSAONLINE.com, Minggu (26/2).

Ia menjelaskan, total hasil produksi cabai di Kabupaten Tuban pada tahun 2016 lalu sebanyak 187.102 Kwintal untuk cabai rawit. Sedangkan, untuk produksi cabai kriting atau cabai besar sebanyak 129.953 Kwintal.

Untuk menigkatkan produksi cabai, Murtadji menambahkan jika pihaknya ke depan akan mengembangkan teknologi pola tanam cabai. "Semoga pola tanam yang diatur membuahkan hasil sehingga harga cabai tidak terlalu mahal seperti saat ini,'' timpalnya. (wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO