Keluarga TKW di Tuban Diberi Sosialisasi Cara Mengatasi Permasalahan Keluarga oleh Dinsos

Keluarga TKW di Tuban Diberi Sosialisasi Cara Mengatasi Permasalahan Keluarga oleh Dinsos Suasana sosialisasi tentang pembinaan keluarga TKW oleh Dinsos Tuban. foto: GUNAWAN/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tuban bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan Jawa Timur mengadakan sosialisasi pembinaan keluarga TKW di gedung KSPKP Kabupaten Tuban, Rabu (22/2).

Kegiatan tersebut dimaksudkan agar keluarga TKW ini mampu mengatasi permasalahan keluarga yang sering timbul akibat salah satu keluarganya bekerja di luar negeri sebagai TKW.

"Masalah yang sering dihadapi keluarga TKW, keluarga kurang harmonis, anak tidak terurus, uang hasil kerja tidak dimanfaatkan dengan baik," ujar Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tuban, Siti Nurjanah.

Dia berharap, dengan adanya sosialisasi teraebut keluarga TKW mampu meminimalisir permasalahan yang sering dihadapi tersebut. "Harus ada komitmen dengan pihak keluarga sebelum berangkat bekerja keluar negeri," jelasnya.

Siti memaparkan ada sekitar 100 orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Tuban yang terdaftar alias legal. Rinciannya, TKI sebanyak 61 orang sedangkan TKW sebanyak 39 orang.

Sementara Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan Provinsi Jawa Timur, Herawanto Ananda mengatakan bahwa sosialisasi seperti ini baru pertama digelar. Untuk itu ia mengapresiasi Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tuban.

"Inti adanya sosialisasi ini untuk meminimalisir hubungan yang kurang harmonis, saat salah satu anggota keluarga bekerja diluar negeri," ujar Herawanto. (gun/wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO