Putaran Dua Pilkada DKI: PAN Pastikan Dukung Anies-Sandi, Dukungan Golkar Pecah?

Putaran Dua Pilkada DKI: PAN Pastikan Dukung Anies-Sandi, Dukungan Golkar Pecah? Sekjen Partai Golkar Idrus Marham dan Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto menggelar konferensi pers, di kantor DPP Partai Golkar, Jumat (17/2).

DPD Partai Hanura DKI Jakarta mengaku tengah menjalin komunikasi terkait koalisi dengan kubu pasangan Agus Yudhoyono-Sylviana Murni (Agus-Sylvi) untuk persiapan putaran dua Pilkada DKI Jakarta.

Ketua DPD Hanura DKI Muhammad Sangaji mengaku optimis partai pengusung Agus-Sylvi dapat berkoalisi dengan para pendukung pasangan petahana Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Syaiful Hidayat (Ahok-Djarot).

"Semua potensial, Demokrat juga kita membangun komunikasi. Tentu bukan saja dengan partai tapi juga kawan-kawan," jelas politisi yang akrab disapa Ongen itu kepada wartawan di Balai Kota Jakarta dikutip dari rmol.co, Jumat (17/2).

Menurutnya, tidak ada yang mustahil dalam menyusun koalisi untuk putaran kedua Pilkada DKI. Selain Hanura, pasangan Ahok-Djarot sendiri saat ini juga didukung koalisi PDI Perjuangan, Partai , dan Partai Nasdem.

"Tidak ada yang mustahil, politik itu cair. Yang jelas kita berupaya membangun komunikasi maksimal kepada teman-teman pimpinan partai," ujar Ongen.

Ditambahkannya, saat ini kubu Ahok-Djarot masih fokus pada hasil perhitungan suara oleh KPU DKI meski telah unggul memperoleh dukungan 42,96 persen berdasarkan hasil real count yang mencapai 98 persen.

"Sementara kita konsentrasi dalam penghitungan suara. Kita akan upaya pendekatan dengan pimpinan partai," demikian Ongen.

Sedangkan Partai Amanat Nasional (PAN) sebagai partai pengusung Agus Harimurti Yudhoyono – Sylviana Murni siap mengambil langkah politik untuk mengalihkan dukungan kepada paslon nomor urut 3 Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Wakil Sekretaris jenderal (Wasekjen) dewan pertimbangan partai (DPP) PAN, Dipo Ilham mengakui, arah partai memang mendukung pasangan Anies-Sandi. Bahkan, sudah ada komunikasi politik. Pihaknya sudah memulai berdiskusi dengan tim pemenangan Anies-Sandi sejak kemarin malam.

"Tinggal menunggu konsolidasi dan partai politik (parpol). Kita melihat momentum yang pas PAN merapat ke Anies-Sandi di putaran kedua ini," katanya dilansir Republika.co.id.

Namun, pihaknya mengaku masih menunggu hasil resmi dari komisi pemilihan umum daerah (KPUD) untuk mengetahui hasil hitungan yang valid. "Jika hasil akhirnya begini, kami pastikan akan dukung Anies-Sandi di putaran kedua,” ujarnya.

Menurut Dipo, dukungan PAN untuk Anies-Sandi lebih realistis karena ada kemiripan visi-misi. Sedangkan dengan pasangan calon Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat, ia menilai tidak ada kecocokan dari sisi karakter, etika, maupun visi-misi.

Pihaknya sepakat ingin memberi alternatif pemimpin Jakarta. Lebih lanjut Dipo menyebutkan partai-partai pengusung Anies-Sandi yang terdiri dari Gerindra dan partai Keasilan Sejahtera (PKS) sudah melakukan persiapan koalisi dengan kubu Cikeas dan menyiapkan strategi memasuki putaran kedua pemilihan gubernur DKI Jakarta.

“Dalam waktu dekat ini, kami akan segera mendeklarasikan dukungan dan mulai menjalin kerjasama untuk upaya pemenangan Anies-Sandi,” ujar Dipo.

Sumber: (rmol.co/republika.co.id/detik.com)

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO