Tilik Desa Ponorogo, Siwalan Andalkan BUMDes Menuju Desa BAROKAH

Tilik Desa Ponorogo, Siwalan Andalkan BUMDes Menuju Desa BAROKAH Kepala Desa Siwalan, Abdul Roziq Yusuf.

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Desa Siwalan, Kecamatan Mlarak yang memiliki 786 KK bertekad menuju desa barokah. Yaitu desa yang Bersih, Aman, Rapi, Omber, Kuat, Amanah dan Harmonis (BAROKAH) melalui pengembangan BUMDdes dan pertanian organik.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Desa Siwalan Abdul Roziq Yusuf usai dikunjungi Bupati Ipong Muchlissoni dan jajarannya dalam acara tilik desa dan tasyakuran musim tanam baru Gapoktan Loh Jinawi di area persawahan Desa Siwalan, Jumat (20/1).

Menurut Abd Roziq, Desa Siwalan pernah mempunyai unggulan, yaitu buah jambu siwalan yang pernah terkenal tahun 1960-1980-an.

"Saat ini kita akan menghidupkan kembali ketenaran jambu siwalan dan buah naga di desa kami sebagai salah satu produk yang akan kami unggulkan dalam mendukung program one village one product," ujar kades yang sudah dua periode memimpin Desa Siwalan tersebut.

"Selain itu, program pertanian organik juga menjadi prioritas dengan dikaitkan pengaktifan pasar desa yang telah menjadi BUMDes. Juga dengan menentukan hari pasaran-pasaran tertentu dalam memasarkan hasil pertanian organik, tentu harus didukung dengan infrastruktur yang memadai seperti pembangunan sumur dalam dan penyediaan pupuk-pupuk organik," lanjutnya.

"Untuk pembangunan infrastruktur kami menginginkan drainase yang cukup baik sebelum pembangunan jalan. Karena sebaik apapun jalan yang dibangun tanpa pembenahan saluran air maka jalan tersebut akan cepat rusak," papar Roziq.

Selain itu pihaknya akan mengembangkan wisata di Belik Embul yang airnya cukup jernih dengan membangun kolam renang dan wisata air. Sehingga Desa Siwalan nanti juga akan dikonsep menjadi desa wisata.

"Untuk BUMDes yang telah berjalan sejak tahun 2014, yaitu BUMDes Nirwana dengan produk telur ayam. Kita akan terus memaksimalkan dengan menambah jumlah ayam petelurnya. Saat ini baru ada 800-an. Tahun ini akan kita tambah menjadi 2000 ekor," urai Roziq.

Ke depan, pihaknya akan membangun pertamini, bank sampah, dan kios penyedia pupuk bersubsidi sebagai BUMDes yang baru.

"Diharapkan tingkat kesejahteraan warga Desa Siwalan dapat meningkat dan menjadikan desa kami desa yang makmur, loh jinawi, toto tentrem karto raharjo," pungkasnya. (yah/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO