Antisipasi Kebakaran, Disperindag Banyumas Siapkan APAR di Tiap Pasar

Antisipasi Kebakaran, Disperindag Banyumas Siapkan APAR di Tiap Pasar

BANYUMAS, BANGSAONLINE.com - Guna mengantisipasi kebakaran, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Banyumas mengatakan setiap pasar milik Pemkab Banyumas di Kabupaten Banyumas telah dilengkapi alat pemadam api ringan (APAR).

“Masing-masing pasar di Kabupaten Banyumas sudah tersedia APAR, paling sedikit ada tiga unit untuk pasar kecil,” jelas Kepala Bidang Pasar Disperindag Kabupaten Banyumas Rojingun, Jumat (20/1).

Mengenai upaya antisipasi kebakaran, selain menyiapkan APAR, pihaknya juga menggelar latihan pemadaman api bagi petugas pasar.

“Kita rutin menggelar latihan pemadaman api menggunakan APAR bagi petugas pasar. Terakhir digelar pada akhir tahun 2016 di Lapangan Brobahan. Rencana juga akan kami gelar lagi dalam waktu dekat,” katanya.

Selain itu, antisipasi kebakaran juga dilakukan dengan pengecekan kelaikan APAR yang ada. Menurutnya, setiap dua tahun sekali, APAR yang tersedia di pasar dilakukan pengecekan dan pengisian ulang.

“Pengisian ulang rutin dilakukan, sebab jika tidak isinya (isi APAR) akan membeku,” ucapnya. Sementara itu seperti terlihat di Pasar Manis Purwokerto, APAR memang tersedia dan mudah diakses. Bahkan tersedia juga apar berukuran besar, dengan tersedianya fasilitas tersebut seharusnya dapat mengantisipasi terjadinya kebakaran.

Hingga saat ini, Banyumas belum memiliki fasilitas pemadam kebakaran untuk bangunan tinggi. Berkaitan dengan kondisi itu, gedung-gedung tinggi yang akan dibangun harus dilengkapi dengan fasilitas pemadam kebakaran.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Banyumas, Imam Pamungkas mengatakan, sampai saat ini fasilitas pemadam kebakaran di Banyumas belum memiliki alat yang dapat menjangkau bangunan tinggi. Berkaitan dengan kondisi itu, di masa mendatang pembangunan gedung tinggi di Banyumas harus dilengkapi fasilitas pemadam kebakaran. (dik/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO