Bakal Terima KISD, 7.246 Warga Miskin di Tuban Bisa Berobat Gratis

Bakal Terima KISD, 7.246 Warga Miskin di Tuban Bisa Berobat Gratis Kadinkes Tuban, dr Saiful Hadi saat menandatangani MoU dengan kepala BPJS terkait penerbitan KISD. foto: GUNAWAN/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sebayak 7.246 warga miskin di wilayah Kabupaten bakal menerima Daerah (KISD) dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat. Kartu tersebut nantinya bisa digunakan untuk berobat di rumah sakit maupun puskesmas tanpa biaya alias gratis.

Hal ini ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman antara Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten dan BPJS terkait KISD di aula kantor Dinkes setempat, Selasa (17/1).

Kepala Dinkes , dr Saiful Hadi, mengungkapkan bahwa selain BPJS, program KISD ini juga melibatkan berbagai instansi, termasuk Dinas Sosial. "Kerjasama antara Dinkes, BPJS dan Dinsos ini untuk meng-cover masyarakat miskin yang belum memiliki (KIS), akan diberikan Daerah (KISD). Sedangkan, tugas Dinsos ialah mengkroscek warga miskin yang akan menerima KISD," papar Saiful

Jumlah masyarakat miskin di sendiri mencapai sekitar 234.000 jiwa. Untuh tahun 2017 ini, baru sekitar 7.246 jiwa yang akan menerima KISD. "Dari total 7.246, sekitar 5.150 kartu sudah siap didistribusikan lewat Pukesmas di tiap-tiap Kecamatan," ujar dokter lulusan Unair Surabaya itu.

Lanjut Saiful, warga miskin bisa mendapatkan kartu itu dengan cara mengajukan terlebih dahulu. "Pengajuan tersebut bakal diverifikasi dan ditetapkan oleh tim dari Kementerian Sosial atau Dinsos setempat," pungkasnya.

Sementara Kepala BPJS Cabang Bojonegoro yang berkantor di , Moh. Masrur Ridwan menyampaikan bahwa pemberian KISD ini dilakukan secara bertahap. "Semoga nanti masyarakat di dapat memiliki KISD ini, agar bisa mendapatkan pelayanan dari BPJS Kesehatan," harapnya. (tbn1/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO