Debat Perdana Cagub DKI, Agus dan Anies Tak akan Lakukan Penggusuran, ini Kata Djarot

Debat Perdana Cagub DKI, Agus dan Anies Tak akan Lakukan Penggusuran, ini Kata Djarot foto: mediaindonesia.com

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 1 Agus Harimurti Yudhoyono menegaskan tidak akan melakukan penggusuran jika memimpin Jakarta. Dia tidak ingin melukai hati warga Jakarta kalaupun ingin menata kota Jakarta.

"Dengan tegas saya mengatakan, kami akan bangun dan menata Jakarta tanpa menggusur. Terbukti penggusuran malah meningkatkan kemiskinan," kata Agus saat menanggapi debat tentang penggusuran di DKI Jakarta di Hotel Bidakara, Jakarta, Jumat (13/1).

Dilansir Merdeka.com, Agus mengatakan, korban penggusuran yang telah dilakukan pasangan Basuki T Purnama dan Djarot Saiful Hidayat hidupnya tidak menentu sampai saat ini. Sebab, tempat tinggal dan berinteraksinya digusur.

"Mereka sampai hari ini masih menangis, digusur begitu saja tanpa kompensasi, tanpa ganti rugi dan tidak diperhatikan," jelas dia.

Agus menambahkan, sampai hari ini korban penggusuran masih trauma dan stres. Menurut dia, banyak cara untuk menata kota Jakarta tanpa harus melakukan penggusuran.

"Kita harap Jakarta benar tumbuh, kota dan manusianya, gedung beton ha,nya benda mati, Jakarta rohnya manusia. Jangan hanya bangun badannya tapi bangun jiwa kota ini kita bisa kalau kita bersatu," terang dia.

Hal serupa dikatakan Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga Anies Baswedan. Dikutip dari Merdeka.com, memastikan takkan melanjutkan kebijakan penggusuran untuk menertibkan kawasan sungai dan permukiman kumuh di Jakarta. Anies mengaku bakal melakukan kebijakan yang lebih persuasif untuk menanggulangi menertibkan sungai dan permukiman warga kumuh.

"Minggu lalu saya datang ke Bukit Duri dan ikut dalam syukuran karena warga Bukit Duri menang di PTUN. Di sini terlihat ketidakadilan tidak dilaksanakan. Kita akan lakukan, bukan menghilangkan orang miskin yang kita akan lakukan, (yang kita lakukan) adalah menghilangkan kemiskinan," kata Anies saat diminta moderator Ira Koesno menyampaikan program dalam menertibkan kawasan kumuh dan normalisasi sungai.

Anies mengatakan, kebijakan itu sangat tak sesuai dengan kemanusiaan. Dia menegaskan bakal memilih cara persuasif untuk menanggulangi permukiman kumuh dan normalisasi sungai di Jakarta.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO