Situs Sejarah Bangsa di Sugihwaras Ngoro Diduga Dirusak Penambang Galian C

Situs Sejarah Bangsa di Sugihwaras Ngoro Diduga Dirusak Penambang Galian C Kondisi yang diduga situs sejarah bangsa yang ditemukan para penambang Galian C di Desa Sugih Waras, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang. foto: SA for BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Penambangan galian C yang dilakukan di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang diduga telah merusak sebuah kawasan cagar budaya yang diyakini merupakan situs sejarah bangsa. Dugaan kuat lokasi tersebut merupakan situs sejarah bangsa setelah warga dan penambang menemukan beberapa uang logam, pecahan genting, gentong uang logam, dan pondasi Batu bata.

"Tidak ditemukan arca, yang ditemukan hanya pecahan genting, pondasi batu bata dan beberapa gentong uang logam," kata pemerhati cagar budaya asal Jombang berinisial SA yang sebelumnya melakukan penelusuran tersembunyi di lokasi.

Pria berusia 38 tahun itu menjelaskan, situs cagar budaya tersebut ditemukan oleh para penambang galian C yang sedang melakukan aktivitas penambangan jenis bebatuan, pasir dan tanah. "Yang menemukan para penambang galian C di Desa Sugih Waras (Kecamatan Ngoro). Luas lahan sekitar 5 hektar," jelas dia.

Sebagai pemerhati cagar budaya, ia pun mengaku kesal terhadap Pemerintah Kabupaten Jombang serta lembaga Purbakala yang belum mengambil langkah atas temuan tersebut.

"Di sana (lokasi,red) warga banyak menemukan uang logam. Sayangnya, sampai sekarang Bupati tidak menggubris, Purbakala juga tidak datang. Kalau dibiarkan terus, bisa-bisa penambangan galian C disana merusak keberadaan situs," tandasnya. (rom/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO