Rabu, 11 Desember 2019 08:21

Hari Ini Penggusuran Eks Lokalisasi Semampir Dilanjutkan, Warga Pilih Tak Keluar Rumah

Kamis, 15 Desember 2016 00:16 WIB
Hari Ini Penggusuran Eks Lokalisasi Semampir Dilanjutkan, Warga Pilih Tak Keluar Rumah
Endang menunjukkan kartu identitas warga RT 32 RW 05 Kelurahan Semampir. Ia mengaku ditawari Rp 20 juta agar pindah dari lingkungan RW 5 Kelurahan Semampir.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Ancaman perlawanan warga atas penggusuran eks lokalisasi Semampir, mulai melunak. Jika pada Sabtu (10/12) mereka melawan dengam bambu runcing dan bom molotov, kini di penggusuran jiid II, mereka tak melakukan penghadangan. Warga memilih tak mau keluar rumah saat penggusuran berlangsung.

Rencananya, penggusuran jilid II itu, akan dilakukan Pemkot Kediri Kamis (15/12) hari ini, di wilayah RW 05 Kelurahan Semampir. “Saya besok (hari ini) tidak akan melawan. Saya pilih di dalam rumah saja dengan mengunci dari dalam,” ancam Endang Sri Utami, warga RT 32 RW 5 Kelurahan Semampir, Rabu (14/12).

Dia sangat menyayangkan, kebijakan Pemkot Kediri yang tidak memandang mereka dengan hati nurani. Pasalnya, sehari sebelum dilakukan penggusuran jilid II, Endang mengaku didatangi pegawai dari Dinsos dan menawari uang Rp 20 juta dan dicarikan tempat tinggal. Namun, Endang menolak tawaran itu.

Wanita yang mengaku sudah puluhan tahun hidup dengan tiga orang anaknya itu, bersikukuh tetap tinggal di rumahnya karena masih dalam proses hukum. “Jika nanti sudah ada keputusan dari pengadilan, silahkan Pemkot bertindak,” tegas Endang.

Sementara itu, H-1 menjelang penggusuran jilid II, Pemkot Kediri mengeluarkan kebijakan baru pada warga RW 05 Kelurahan Semampir, dengan memberikan tambahan uang untuk mencari tempat tinggal, maksimal Rp 5 juta. Dengan syarat, masyarakat meninggalkan rumahnya dan ditunggu hingga Kamis (15/12) dinihari.

“Selain kami beri uang kerohiman 2,5 juta, warga juga kami beri uang pengganti mencari tempat tinggal maksimal 5 juta,” ujar Kabag Humas Pemkot Kediri Apip Permana.

Menurutnya, persiapan penggusuran, jajaran samping, juga sudah dipersiapkan. Salah satunya beberapa alat berat untuk meratakan lingkungan RW 5 juga sudah disipakan. 

Yang digusur nanti bagi rumah yang bersetifikat hak pakai. Untuk yang bersertifikat hak milik, menunggu proses hukum selesai di pengadilan,” jelas Apip Permana.

Pemkot juga menyediakan angkutan gratis bagi warga penghuni yang ingin pindah beserta barang-barangnya hingga ke alamat tujuan. “Ke mana pun tempat tujuan, asal terjangkau di wilayah Kediri,” jelas Apip lagi.

Namun, dia kembali menegaskan, jika hingga batas waktu ditetapkan warga tidak segera meninggalkan lokasi, maka pada Kamis hari ini rencana penggusuran akan dilakukan dengan melibatkan tim gabungan dan alat berat. “Siang ini (kemarin) kami lakukan simulasi evakuasi dan penggusuran di halaman lapangan Brimob.” (rif/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 09 Desember 2019 06:11 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Untuk menyambut peringatan hari jadi Banyuwangi (Harjaba) ke-248 pada 18 Desember 2019, Kabupaten yang berjuluk The Sunrise of Java ini menggelar parade seni budaya Kuwung dengan tema "Gumelare Bumi Blambangan" Sab...
Senin, 09 Desember 2019 23:53 WIB
Oleh: Sila Basuki, S.H., M.B.A. Tren kemenangan seorang calon independen dalam pilkada Kota Surabaya akan sangat mungkin terjadi, mengingat di beberapa kota lain juga bisa terjadi. Berkat Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008, tentang p...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...