Charta Politika: Parpol Pendukung tak Solid, Agus Bisa Kalahkan Ahok

Charta Politika: Parpol Pendukung tak Solid, Agus Bisa Kalahkan Ahok

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Charta Politika merilis hasil survei terbaru. Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut satu, Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni akan menjadi pemenang jika Pilgub DKI digelar pada hari ini.

Dalam survei tersebut, elektabilitas pasangan Agus-Sylvi menjadi yang paling tinggi dengan 29,5 persen, disusul Ahok-Djarot dengan 28,9 persen. Sementara, Anies-Sandi dengan 26,7 persen. Sementara swing voters 14,9 persen.

"Kalau pilgub digelar hari ini, maka pasangan Agus-Sylvi menang," ujar Direktur Charta Politika, Yunarto Wijaya di Kantor Charta Politika, Jalan Cisanggiri III, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa (29/11).

Sementara dalam simulasi menggunakan kertas suara, Agus-Sylvi masih menjadi juara.

Pasangan ini mendapat dukungan 30,4 persen, disusul Ahok-Djarot 29,3 persen, dan Anies-Sandi 26,9 persen. Swing voters sebanyak 13,4 persen.

Survei dilakukan pada tanggal 17 hingga 24 November 2016 atau setelah Ahok berstatus sebagai tersangka.

Jumlah sampel sebanyak 733 dari 800 yang direncanakan dengan metode acak bertingkat dengan margin of eror survei ini sebesar 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei survei Charta Politika juga menunjukkan pendukung partai politik (parpol) tidak sejalan dengan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang diusung parpol tersebut. Salah satu contohnya pendukung Partai Golkar justru lebih banyak memilih pasangan Anies-Sandi, padahal Golkar merupakan partai politik pengusung Ahok-Djarot.

"Ada 47,6 persen pemilih yang mendukung Partai Golkar, tapi mereka memilih pasangan Anies-Sandi," ujar Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya.

Persentase konstituen partai politik dalam mengusung pasangan Anies-Sandi sebagai berikut, PKS 55,0 persen, Gerindra 50,0 persen, Golkar 47,6 persen.

Sama halnya dengan pasangan Ahok-Djarot, persentase pendukung partai politik yang mengusung pasangan ini tidak cukup besar, PDIP 63,0 persen, NasDem 54,5 persen, Hanura 40,0 persen, dan Golkar 26,2 persen.

Hal berbeda ditunjukan oleh pendukung partai politik pengusung Agus-Sylvi. Dari hasil survei terlihat dengan persentase yang cukup signifikan dengan rincian, Demokrat 85,1 persen, PAN 77,8 persen, PKB, 63,6 persen, dan PPP 50,0 persen. Persentase tersebut dianggap Yunarto cukup solid mengingat keempat partai tersebut merupakan pengusung pasangan poros Cikeas.

Sumber: merdeka.com/jpnn.com

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO