Rabu, 08 April 2020 09:11

60 Ribu Lebih Warga Banyumas Dipastikan Belum Bisa Dapatkan e-KTP

Sabtu, 19 November 2016 09:04 WIB
Editor: abdurrahman ubaidah
Wartawan: Dicky Edyano
60 Ribu Lebih Warga Banyumas Dipastikan Belum Bisa Dapatkan e-KTP
KTP elektronik.

BANYUMAS, BANGSAONLINE.com - Lebih kurang 60 ribu pemohon KTP elektronik (E-KTP) di Banyumas, dipastikan belum bisa mendapatkan. Sebagai ganti, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Banyumas memberikan surat keterangan pengganti.

Kepala Dindukcapil Banyumas, Kartiman kepada BANGSAONLINE, Sabtu (19/11) menjelaskan, pada tahun ini pemohon belum bisa mendapatkan KTP tersebut, karena kendala blangko. Terlebih pengadaan blangko yang dilakukan Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri kembali gagal lelang.

“Tahun 2016 ini, pasti belum ada (EKTP yang diserahkan kepada pemohon) wong gagal (lelang). Kemungkinan baru pada 2017 mendatang, itu juga kita berdoa semoga tidak gagal (lelang) lagi,” jelasnya.

Menurut Kartiman, pihaknya hanya bisa memberikan surat keterangan pengganti, kepada para pemohon. “Kewajiban kami tetap melayani masyarakat, karena belum ada blangko, kita beri surat keterangan (pengganti E-KTP),” ujarnya. Dia menyebutkan, di Banyumas sampai saat ini jumlah pemohon yang masih menanti lebih dari 60 ribu orang.

Dindukcapil Banyumas, bisa menerbitkan surat keterangan pengganti antara 200 surat sampai 300 surat. “Daerah tidak bisa melakukan pengadaan blangko E-KTP sendiri harus (pemeirtah) pusat dalam hal ini Kemendagri,” ungkapnya.

Salah seorang warga Kecamtan Baturraden, Amin, menuturkan, E-KTP merupakan salah satu dokumen kependudukan yang memiliki banyak fungsi. Dia .berharap pemerintah bisa serius melakukan pengadaan blangko sehingga masyarakat yang membutuhkan bisa terlayani dengan baik.

“E-KTP saya pernah hilang, lalu saya membuat lagi diberi KTP sementara, saat ini kondisinya juga rusak karena kehujanan. Saat mau membuat KTP lagi, ternyata kondisinya begini, semoga lekas ada solusi,” harapnya. Sebelumnya, pencetakan E-KTP terhenti sejak sekitar sebulan lalu, karena persediaan blangko kosong.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Banyumas juga belum mengetahui kapan persediaan blangko kembali tersedia. Kartiman mengatakan, ia sempat mendengar kabar akhir tahun ini persediaan blangko akan kembali tersedia. Namun demikian, ia belum bisa memastikan jumlah maupun realisasi yang akan didapat oleh Dindukcapil Banyumas.

“Akhir tahun kabarnya akan ada pengadaan blangko, begitu juga tahun depan, semoga saja itu benar-benar terealisasi,” tuturnya. Tahun ini Dindukcapil Banyumas masih memiliki persediaan blangko E-KTP. Namun sejak sebulan lalu persediaan blangko habis sama sekali. Terkait habisnya blangko, sudah sejak beberapa waktu lalu pihaknya mengeluarkan surat keterangan pengganti.

Surat pengganti tersebut memiliki keterangan data yang serupa dengan E-KTP, karena dicetak dengan data hasil rekaman E-KTP. Bahkan, bagi penduduk yang telah lama melakukan perekaman data, secara otomatis dalam surat keterangan tersebut juga memuat foto. (bym1)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...