Jadi Saksi Ahok, Ishomuddin dan Pengurus PBNU Dikecam Kiai, Dianggap Melawan Rais Am PBNU

Jadi Saksi Ahok, Ishomuddin dan Pengurus PBNU Dikecam Kiai, Dianggap Melawan Rais Am PBNU KH Ahmad Ishomuddin

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Kecaman dari para kiai NU terus mengalir terhadap Rais Syuriah PBNU KH Ahmad Ishomuddin, M.Ag, lantaran ia jadi saksi dari pihak terlapor kasus penistaan agama yaitu calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Bahkan Ishomuddin dianggap telah suul adab dan melawan Rais Am PBNU KH Ma’ruf Amin. Maklum, Kiai Ma’ruf Amin sebagai ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah menghukumi Ahok menista agama.

”Ishomuddin harus dikeluarkan dari PBNU. Memalukan,” kata seorang kiai di di grup WA yang anggotanya terdiri dari para kiai dan gus kader NU.

”Apapun alasannya ishomuddin itu salah karena ishomuddin itu jajaran syuriah,” sahut kiai yang lain.

"Itu suul adab, melawan Rais Am," tulis kiai yang lain.

Dalam catatan tribunnews ternyata bukan hanya Ishomuddin dari PBNU yang jadi saksi terlapor Ahok. Tapi juga KH Masdar F Mas’udi, Rais Syuriah PBNU, Dr. H. Sa’dullah Affandy, katib Syuriah PBNU dan Syafiq Hasyim, pengurus lembaga di PBNU.

Terdapat tiga kelompok saksi yang hadir dalam gelar perkara kasus penistaan agama yang diduga dilakukan Ahok yang mengguncang Indonesia itu. Saksi dari Polri sejumlah 13 orang. Saksi dari Pelapor sejumlah 5 orang. Sedangkan Saksi dari terlapor sejumlah 13 orang.

Berikut adalah daftar lengkap saksi gelar perkara penyelidikan kasus penistaan agama dengan terlapor Ahok yang diktuip dari tribunnews.

Saksi Polri

Saksi ahli agama:
1. Deden
2. Buya Syafi’i Maarif
3 Prof. Dr. H. Yunahar Ilyas LA. M.Ag. (Muhammadiyah)
4. KH. Miftahul Ahyar
5. Dr. H.M. Hamdan Rasyid (MUI)

Saksi Ahli Bahasa
7. Prof. DR. Wahyu Wibowo
8. Dr. Can Niknik M. Kuntoro
9. Wiwin Erni Siti Nurlina

Ahli Pidana
10. Prof. Edward Omar Haritjh
11. Prof. Dr. Indriyanto Seno Aji
12. Dr. Eva Achjani Zulfa
13. Dr. Pujiono

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO