KH Robbach Ma'sum Jadi Jujukan Para Politisi

KH Robbach Ma Anggota FPDIP, Noto Utomo tampak akrab dengan KH. Robbach Ma'sum. foto: syuhud/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pamor mantan Bupati Gresik, KH. Robbach Ma'sum di mata masyarakat, khususnya para politisi masih luar biasa. Meski sudah lama pensiun dari pemerintah, sesepuh PKB di Kabupaten Gresik ini masih disegani para politikus.

Hal ini sangat wajar, karena kiai Robbach masih memiliki pesona besar, khususnya bagi kalangan warga nahdliyin yang merupakan massa mayoritas di bumi waliyullah ini.

Bukti kalau kiai Robbach masih memiliki daya pikat kuat di kalangan politisi, para politisi akhir-akhir ini terlihat antre bertemu dan minta masukan kiai Robbach.

Sebelumnya, politisi muda PDIP Noto Utomo bertandang di kediaman kiai Robbach di Jalan Kalimantan GKB (Gresik Kota Baru), pada 12 November 2016. Tiga hari kemudian (15/11/2016) giliran Wabup Gresik Moh.Qosim yang bertandang ke kediaman salah satu kiai sepuh di Kabupaten Gresik ini.

Sekadar diketahui, Qosim yang saat ini menjabat Ketua DPC PKB Gresik menggantikan posisi Jazilul Fawaid SQ, kabarnya bakal maju dalam gelaran Pilkada Gresik 2020. Qosim disebut-sebut salah satu kandidat kuat calon bupati setelah Sambari Halim Radianto (Bupati sekarang), tidak bisa mencalonkan lagi.

Sementara Noto Utomo menyatakan, kedatangannya ke kediaman kiai Robbach tujuannya adalah, untuk bersilaturahim, juga ingin menimba ilmu. "Kiai Robbach ini kan politisi senior. Makanya saya datang ke beliaunya ingin berguru ilmu," kata Noto diplomatis.

"Kami akui kiai Robbach murapakan salah satu panutan kami dalam berpolitik," imbuhnya.

Menurut Noto, kiai Robbach merupakan sosok figur publik yang bisa merangkul semua kalangan dan memiliki komitmen besar dalam membangun Kabupaten Gresik. "Makanya, salah besar jika ada anggapan kalau kiai Robbach tidak mau membantu pemerintah dalam perbaikan Kabupaten Gresik," pungkasnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO