Donald Trump, Tren Pemimpin Tua, Antitesis Pemimpin Muda Indonesia?

Donald Trump, Tren Pemimpin Tua, Antitesis Pemimpin Muda Indonesia?

Oleh: M. Mas'ud Adnan

SECARA mengejutkan Donald Trump (70 tahun) terpilih sebagai Presiden (AS) ke-45. Padahal hampir semua survei di AS mengunggulkan Hillary Clinton (67 tahun), kandidat presiden dari Partai Demokrat.

Yang pasti, pria “urakan” kelahiran 14 Juni 1946 dari partai Republik itu bukan saja telah ”mengacaukan” studi akademik tentang survei tapi juga kepemimpinan dalam kategori usia.

Padahal 8 tahun lalu pengamat dan publik - termasuk di AS - sempat euforia dengan tampilnya Barack Obama sebagai presiden muda AS yang terpilih pada usia 47 tahun. Saat itu banyak prediksi bahwa ke depan negara-negara di dunia akan dipimpin tokoh muda. Alasannya, AS sebagai kiblat demokrasi bakal menginspirasi dunia. Padahal sejatinya AS pernah dipimpin presiden tertua, Ronald Wilson Reagan yang terpilih pada usia 69 tahun pada 1981. Reagan bahkan menjabat presiden AS hingga 1989 (dua periode) yang berarti sampai usia 77 tahun.

Kini fenomena tampilnya pemimpin tua tidak hanya terjadi di AS. Negara-negara Afrika, Asia dan bahkan Eropa kini juga dipimpin presiden tua.

Presiden Filipina Rodrigo Duterte yang baru dilantik bulan lalu berusia 71 tahun. Begitu juga Presiden Tunisia Beji Caid Essebsi yang berkuasa sejak 2014 berusia 89 tahun. Bahkan Presiden Zimbabwe Robert Mugabe kini berusia 91 tahun dan Presiden Kuba Raúl Modesto Castro Ruz kini berusia 85 tahun.

Negara bekas seteru AS yakni Rusia juga dipimpin tokoh tua yaitu Vladimir Putin yang kini berusia 63 tahun.

Ratu Elizabeth II yang jadi kepala Negara Britania Raya kini berusia 90 tahun. Raja Malaysia Abdul Halim sekaligus Sultan Kedah kini berusia 88 tahun. Emir Kuwait Sabah Al Ahmad berusia 85 tahun. Presiden Kamerun Paul Biya berusia 82 tahun.

Begitu juga Kaisar Jepang Akihito berusia 82 tahun. Raja Saudi Arabia Salman Bin Abdul Aziz kini berusia 80 tahun. Dan masih banyak lagi presiden berusia di atas 60 tahun di negara-negara lain. Bahkan hampir 70 persen negara-negara di dunia kini dipimpin presiden berusia di atas 60 tahun.

Dalam studi kepemipinan, seorang pemimpin masuk kategori muda jika ia berusia antara 40 sampai 60 tahun. Sebaliknya pemimpin dianggap tua jika ia berusia 60 tahun ke atas.

Karena itu Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang kini berusia 55 tahun masuk kategori pemimpin muda. Begitu juga Barack Obama yang terpilih sebagai presiden AS pada usia 47 tahun masuk kategori pemimpin muda.

Ironi Pemimpin Muda

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO