Gempa Berkekuatan 4,9 SR Guncang Karesidenan Madiun, Jemaah Salat Jumat Bubar

Gempa Berkekuatan 4,9 SR Guncang Karesidenan Madiun, Jemaah Salat Jumat Bubar

PACITAN, BANGSAONLINE.com – Gempa berkekuatan 4,9 SR mengguncang wilayah karesidenan Madiun. Gempa yang terjadi sekitar pukul 12.07 itu membuat panik warga. Mereka berlarian keluar rumah.

Pusat gempa berada di 7.55 Lintang Selatan (LS) dan 111.30 Bujur Timur (BT). "Lokasi gempa berada di 45 km Barat Laut, Madiun, pada kedalaman 19 Kilo meter di dasar laut," kata Tri Mujiharto, Ketua Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kabupaten Pacitan, Jumat (4/11).

Mantan Kabag Umum itu mengatakan, getaran gempa dirasakan hingga Trenggalek, Ponorogo, Pacitan, Ngawi, serta Jogjakarta. Di Pacitan sendiri, lanjut dia, guncangan sempat membuyarkan para jamaah salat Jumat di beberapa masjid dan mushola.

"Banyak dari jamaah salat Jumat yang semburat keluar dari masjid dan mushola, lantaran terjadinya gempa tersebut," ungkap dia pada wartawan.

‎Sementara itu hingga berita ini diturunkan, beberapa petugas dari BPBD setempat masih melakukan pendataan, terhadap kemungkinan yang tidak diharapkan. Meski, Tri optimistis, melihat guncangan gempa yang tidak begitu kuat, besar kemungkinan tidak ditemukan kerusakan rumah warga ataupun jatuhnya korban jiwa.

"Selain itu, gempa tersebut tidak berpotensi memunculkan gelombang tsunami. Mengingat getaran gempa kurang dari 6 SR dan bukan gempa dangkal," tandasnya. (pct1/yun/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO