Rabu, 01 April 2020 11:05

Hati-Hati! Asal Tuding di Medsos, Berujung Hukum

Selasa, 25 Oktober 2016 06:40 WIB
Editor: dio
Hati-Hati! Asal Tuding di Medsos, Berujung Hukum

LUBUKLINGGAU, BANGSAONLINE.com - Pengguna media sosial mesti lebih bijak dan pintar, jika tidak ingin berurusan dengan hukum. Peringatan ini bukan isapan jempol belaka. Buktinya, dialami seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kabupaten Rejang Lebong. Akibat menuding rekannya melakukan pencurian melalui status BBM, berujung pada laporan ke polisi.

Diduga melakukan pencemaran nama baik terhadap Tian Oktialiani alias Tian, PNS Rejang Lebong, Leylan Nauly Hutagalung alias Uly (31) warga Kecamatan Lubuklinggau Timur I, harus berurusan dengan aparat Kejaksaan setelah berkas tersangka diserahkan oleh penyidik Polsek Lubuklinggau Selatan ke Kejaksaan Negeri Lubuklinggau, Senin (24/10/2016).

Setelah berkasnya dinyatakan lengkap oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) RV Latumeten, dan BAP tersangka dalam waktu dekat akan segera dilimpahkan ke Pengadilan Negeri (PN) Lubuklinggau, untuk diagendakan waktu pelaksanaan persidangan

“Benar, berkas tersangka telah dilimpahkan oleh penyidik, berkasnya telah lengkap dan dalam waktu dekat akan dilimpahkan ke PN untuk disidangkan,” jelas RV Latumeten dikutip okezone.

Sementara, pasal yang dikenakan terhadap tersangka, yang telah melakukan pencemaran nama baik adalah pasal 310 ayat (2) KUHP, dengan ancaman hukum sembilan (9) bulan penjara kurungan.

“Tersangka Leylan Nauly Hutagalung akan dikenakan pasal 310 ayat (2) dengan ancaman hukuman 9 bulan penjara,” tegas JPU.

Ketika ditanya mengenai apakah tersangka perlu dilakukan penahanan, kembali JPU RV Latumeten menjelaskan bahwa seorang tersangka bisa ditahan jika ancaman hukuman 5 tahun penjara ke atas.

“Mereka cuma wajib lapor saja sambil menunggu persidangan dan vonis pengadilan yang berkekuatan hukum tetap,”jelas Manurung

Kasus yang dialami oleh Leylan Nauly Hutagalung (31), bermula pada selasa 19 Mei 2015 saat tersangka menuding temannya sendiri mencuri pakaian dan sandal yang ia jual di toko Uly Baby Shop miliknya.

Saat itu, ia langsung mengirimkan pesan melalui BlackBery Masenger (BBM) ke pada Tian Oktialiani untuk menayakan kenapa pakaian sandal yang ia jual hilang, Ia beranggapan jika yang mencuri pakaian dan sandal yang ia jual adalah Tian Oktialiani bersama dengan Hera, Anis dan saudara Reka.

Tian yang mendapatkan BBM langsung kembali lagi ke toko milik tersangka. Sesampainya di toko, tas dan mobil yang digunakan Tian Oktialiani Cs ini langsung digeledah oleh tersangka namun tersangka tidak menemukan barang-barang miliknya.

Tak sampai disitu saja, tersangka juga memasang status di jejaring sosial mengatakan jika Tian Oktialiani Cs merupakan orang yang suka mencuri.

Merasa dirugikan, Tian Oktialiani melaporkan kejadian itu ke Polsek Lubuklinggau Selatan, dengan tuduhan pencemaran nama baik.

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...