Sambut Hari Santri Nasional, Ratusan Santri di Sumenep Ikuti Gerak Jalan Salawat

Sambut Hari Santri Nasional, Ratusan Santri di Sumenep Ikuti Gerak Jalan Salawat Sebagian santri mengumbar senyum saat ikuti gerak jalan sawalat. foto: RAHMATULLAH/ BANGSAONLINE

SUMENEP, BANGSAONLINE.com – Sebanyak 333 santri di Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, mengikuti gerak jalan salawat, Jumat (21/10). Ratusan santri itu merupakan delegasi dari 37 pesantren yang ada di wilayah Kecamatan Pragaan. Sedangkan penyelenggara gerak jalan itu merupakan panitia bersama antara MWC NU, PAC Ansor, dan PAC IPNU-IPPNU setempat.

Pantauan di lapangan, gerak jalan salawat itu start di Mapolsek Pragaan, dan finish di Pendopo Kecamatan setempat. Para santri yang ikut berpakaian sederhana, yaitu memakai peci hitam dan putih, berbaju putih, dan bersarung dengan beragam warna. Warga yang melihat gerak jalan salawat di pinggir jalan terlihat antusias.

Sementara yang melepas peserta gerak jalan salawat adalah forpimka setempat.

Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Pragaan, Moh Qudsi, menjelaskan bahwa gerak jalan salawat itu digelar untuk menyambut besok, Sabtu (22/10). Menurutnya, para santri bangga dengan momentum yang ditetapkan Presiden Jokowi melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 itu, sehingga hari istimewa itu perlu disyukuri. Gerak jalan salawat itu merupakan bagian bentuk santri di wilayah Kecamatan Pragaan menyukuri hari istimewa tersebut.

“Penetapan itu merupakan tanda bahwa santri sejak dulu berkiprah dalam membangun bangsa, bahkan ikut andil dalam memerjuangkan kemerdekaan negeri ini,” jelasnya.

Dia berharap santri tidak melupakan identitas sebagai pejuang. Karena dengan demikian, yakinnya, para santri akan terus menimba ilmu segiat mungkin untuk bekal memajukan bangsa, dan bekal untuk menolak beragam upaya penjajahan baru. (mat)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO