Kamis, 18 April 2019 22:22

API Demo Kantor Pemkab Banyuwangi, Desak Bupati Anas Jamin Keamanan Investasi

Rabu, 12 Oktober 2016 20:49 WIB
API Demo Kantor Pemkab Banyuwangi, Desak Bupati Anas Jamin Keamanan Investasi

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Puluhan massa Aliansi Pro Investasi (API), Rabu siang (12/10/) melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Bupati Banyuwangi. Mereka mendesak Bupati Abdullah Azwar Anas, untuk menepati komitmen terus menjaga iklim investasi yang kondusif di Bumi Blambangan.

"Seperti konsep yang selalu bapak bupati sampaikan, kami ingin ada jaminan keamanan dan kenyamanan terhadap semua investor, tanpa ada diskriminasi," tegas Kordinator aksi, Abdillah Rafsanjani.

Dalam unjuk rasa tersebut, massa gabungan Forum Silaturahmi Kader Ansor NU (FoskaNU), Asosiasi Pengusaha Mineral (Aspamin), Serikat Buruh Muslimin Indonesia (Sarbumusi) dan Aliansi Masyarakat Hutan membentangkan spanduk bertuliskan desakan terhadap orang nomor 1 di Banyuwangi tersebut.

Di antaranya, "Investor adalah sahabat, dukung jika benar, ingatkan jika salah", "Masyarakat Banyuwangi menyambut investor taat hukum, dengan investasi pengangguran teratasi dan Sejahterakan Banyuwangi dengan investasi".

Dalam pekikan orasi, pendemo mengusung 4 poin tuntutan. Yakni, Bupati harus menghadirkan investor untuk mengatasi pengangguran, Bupati harus memberi kemudahan pada investor terutama dalam hal perijinan.

"Bupati juga harus memberi rasa aman pada investor, itu wajib dilakukan karena ribuan kaum buruh di Banyuwangi sangat membutuh kanpekerjaan," timpal Jos Rudi, pelaksana aksi.

Namun, lanjutnya, jika investor nakal dan bermasalah, tugas Pemerintah Daerah juga harus memberikan pendampingan dan perlindungan pada warganya. Itu harus dilakukan demi cita-cita mewujudkan iklim investasi yang kondusif di Banyuwangi.

“Dan pengangguran memang harus dikurangi dengan adanya investasi, karena dengan banyaknya pengangguran, Banyuwangi bisa menjadi tidak aman serta angka perceraian juga akan meningkat, ini kepentingan besar yang harus dipahami masyarakat termasuk mahasiswa," tandasnya.,

API mengakui, dengan banyaknya investasi yang masuk ke Banyuwangi, pengangguran usia produktif sudah banyak berkurang. Tentunya prestasi tersebut harus dijaga seiring dengan program-program Bupati Anas. "Contohnya, dengan berdirinya PT Bosowa, Hotel Aston, Santika, PT BSI, PT Indocement, akan berimbas positif bagi masyarakat," pungkas Rudi.

Usai menyampaikan aspirasi di hadapan perwakilan Pemkab Banyuwangi, aksi massa Pro Investasi yang dikawal ketat petugas Satsabhara Polres setempat ini membubarkan diri dengan tertib.

Dikonfirmasi terpisah, Pengamat Pembangunan Daerah, Eko Sutrisno SH, mengaku sepakat dengan aksi Pro Investasi. Menurutnya, dengan adanya investasi, seluruh potensi Kabupaten ujung timur Pulau Jawa ini bias tergarap dengan baik. Dan imbasnya, angka pengangguran juga akan berkurang.

"Dalam hal ini kami berharap Pemerintah Daerah bias menjamin keamanan dan kenyamanan investor, sehingga bias memancing kembali datangnya investor baru," tegas mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ini. (bwi/dur/rev)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 17 April 2019 10:19 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*RABU 17 April 2019 telah beranjak dari gawe demokrasi yang amat besar bagi Republik ini. Pemilu untuk memilih capres-cawapres, caleg DPR RI maupun DPRD dan insan DPD bagi kepentingan kepemimpinan lima tahun mendatang telah usai. ...
Sabtu, 13 April 2019 11:40 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag36. Walaa taqfu maa laysa laka bihi ‘ilmun inna alssam’a waalbashara waalfu-aada kullu ulaa-ika kaana ‘anhu mas-uulaanDan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesun...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...