Jumat, 21 Juni 2019 05:20

API Demo Kantor Pemkab Banyuwangi, Desak Bupati Anas Jamin Keamanan Investasi

Rabu, 12 Oktober 2016 20:49 WIB
API Demo Kantor Pemkab Banyuwangi, Desak Bupati Anas Jamin Keamanan Investasi

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Puluhan massa Aliansi Pro Investasi (API), Rabu siang (12/10/) melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Bupati Banyuwangi. Mereka mendesak Bupati Abdullah Azwar Anas, untuk menepati komitmen terus menjaga iklim investasi yang kondusif di Bumi Blambangan.

"Seperti konsep yang selalu bapak bupati sampaikan, kami ingin ada jaminan keamanan dan kenyamanan terhadap semua investor, tanpa ada diskriminasi," tegas Kordinator aksi, Abdillah Rafsanjani.

Dalam unjuk rasa tersebut, massa gabungan Forum Silaturahmi Kader Ansor NU (FoskaNU), Asosiasi Pengusaha Mineral (Aspamin), Serikat Buruh Muslimin Indonesia (Sarbumusi) dan Aliansi Masyarakat Hutan membentangkan spanduk bertuliskan desakan terhadap orang nomor 1 di Banyuwangi tersebut.

Di antaranya, "Investor adalah sahabat, dukung jika benar, ingatkan jika salah", "Masyarakat Banyuwangi menyambut investor taat hukum, dengan investasi pengangguran teratasi dan Sejahterakan Banyuwangi dengan investasi".

Dalam pekikan orasi, pendemo mengusung 4 poin tuntutan. Yakni, Bupati harus menghadirkan investor untuk mengatasi pengangguran, Bupati harus memberi kemudahan pada investor terutama dalam hal perijinan.

"Bupati juga harus memberi rasa aman pada investor, itu wajib dilakukan karena ribuan kaum buruh di Banyuwangi sangat membutuh kanpekerjaan," timpal Jos Rudi, pelaksana aksi.

Namun, lanjutnya, jika investor nakal dan bermasalah, tugas Pemerintah Daerah juga harus memberikan pendampingan dan perlindungan pada warganya. Itu harus dilakukan demi cita-cita mewujudkan iklim investasi yang kondusif di Banyuwangi.

“Dan pengangguran memang harus dikurangi dengan adanya investasi, karena dengan banyaknya pengangguran, Banyuwangi bisa menjadi tidak aman serta angka perceraian juga akan meningkat, ini kepentingan besar yang harus dipahami masyarakat termasuk mahasiswa," tandasnya.,

API mengakui, dengan banyaknya investasi yang masuk ke Banyuwangi, pengangguran usia produktif sudah banyak berkurang. Tentunya prestasi tersebut harus dijaga seiring dengan program-program Bupati Anas. "Contohnya, dengan berdirinya PT Bosowa, Hotel Aston, Santika, PT BSI, PT Indocement, akan berimbas positif bagi masyarakat," pungkas Rudi.

Usai menyampaikan aspirasi di hadapan perwakilan Pemkab Banyuwangi, aksi massa Pro Investasi yang dikawal ketat petugas Satsabhara Polres setempat ini membubarkan diri dengan tertib.

Dikonfirmasi terpisah, Pengamat Pembangunan Daerah, Eko Sutrisno SH, mengaku sepakat dengan aksi Pro Investasi. Menurutnya, dengan adanya investasi, seluruh potensi Kabupaten ujung timur Pulau Jawa ini bias tergarap dengan baik. Dan imbasnya, angka pengangguran juga akan berkurang.

"Dalam hal ini kami berharap Pemerintah Daerah bias menjamin keamanan dan kenyamanan investor, sehingga bias memancing kembali datangnya investor baru," tegas mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ini. (bwi/dur/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Rabu, 12 Juni 2019 16:10 WIB
YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Setelah jalur lintas selatan Jogja dibuka, banyak pantai-pantai yang terbuka aksesnya untuk umum. Sebelumnya, keterbatasan akses membuat banyak pantai cantik ini nyaris tak terjamah oleh manusia. Namun sekarang banya...
Jumat, 31 Mei 2019 21:16 WIB
Penulis: Nabrisi Rohid*Tahapan Pemilu 2019 sudah berjalan lebih dari setahun. Pada 21 Mei 2019 dini hari, KPU telah menetapkan pemenang dalam Pemilu tahun ini. Setelah itu, muncullah berbagai gerakan untuk menolak hasil Pemilu. Gerakan tersebut dikem...
Rabu, 19 Juni 2019 14:35 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag54. Rabbukum a’lamu bikum in yasya' yarhamkum aw in yasya' yu’adzdzibkum wamaa arsalnaaka ‘alayhim wakiilaanTuhanmu lebih mengetahui tentang kamu. Jika Dia menghendaki, niscaya Dia akan memberi rahmat ...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Sabtu, 08 Juni 2019 16:07 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...