Menakar Bibit Cabup-Cawabup Pilkada Gresik 2020 (1): Ini 4 Figur yang Diperkirakan bakal 'Berlaga'

Menakar Bibit Cabup-Cawabup Pilkada Gresik 2020 (1): Ini 4 Figur yang Diperkirakan bakal Moh. Qosim-Ahmad Nurhamim

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Meski Pilkada Gresik tahun 2021 masih 5 tahun lagi digelar, namun sejumlah kalangan sudah mulai menyiapkan bibit-bibit figur yang bakal berlaga pada kontes pemilihan pimpinan Gresik tersebut.

Kondisi ini terjadi karena Sambari Halim Radianto (Bupati Gresik saat ini) sudah tidak bisa mencalonkan lagi lantaran sudah dua periode menjabat.

Sedikitnya, sudah ada empat sosok figur yang diprediksikan bakal running pada Pilkada Gresik 2021 nanti. Bahkan, keempat sosok bibit calon kepala daerah ini sudah mulai diperkenalkan oleh para pendukungnya ke khalayak masyarakat.

Keempat figur tersebut adalah Moh. Qosim yang saat ini menjabat Wabup Gresik, Ketua DPD II Golkar Kabupaten Gresik yang juga mantan Wakil Ketua DPRD Ahmad Nurhamim.

Kemudian ada Ahmad Iwan Junaih yang merupakan putra KH. Afif Ma'sum, yang juga menantu pengasuh Ponpes Sunan Drajat KH. Abdul Ghofur, serta Ketua DPC PPP Kabupaten Gresik Ahmad Nadir.

"Memang kami akui setelah Sambari tidak bisa mencalonkan lagi pada Pilkada Gresik 2021 mendatang, masyarakat mulai mencari sosok figur untuk memimpin Gresik 2021-2026 mendatang," kata Pendiri RGS (Relawan Gerakan Sosial) Kabupaten Gresik, H. M. Khozin Ma'sum kepada Bangsaonline.com, Jumat (30/9).

Menurut Abah Khozin, begitu panggilan akrabnya, dari empat calon kepala daerah atau wakil kepala daerah yang dimunculkan tersebut, mereka masing-masing bisa running menjadi cabup (calon bupati) atau bergandengan alias berkoalisi.

Kalau mereka sepakat bergandengan maka, komposisinya bisa dilakukan beberapa strategi. Di antaranya, Moh. Qosim yang sudah dua kali menjabat Wabup Gresik tersebut akan diplot menjadi cabup. Untuk mendampingi Qosim maka bisa diambil simulasi, duet cabup-cawabup Moh. Qosim-Ahmad Nurhamim. Mereka bisa diusung koalisi dua partai besar urutan pertama dan kedua hasil Pileg 2014, yakni Golkar-PKB.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO