Museum Kanker Indonesia di Jalan Kayoon, Ajak Pengunjung Peka Tanda-tanda Penyakit

Museum Kanker Indonesia di Jalan Kayoon, Ajak Pengunjung Peka Tanda-tanda Penyakit

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Museum Kanker Indonesia di Jl. Kayoon No. 16-18 Surabaya adalah satu-satunya di Indonesia. Pesan yang sampaikan museum yang mengoleksi kanker yang diawetkan ini, mengajak pengunjung untuk peka terhadap penyakit mematikan tersebut.

Krisna, Pendamping Museum Kanker Indonesia, Kamis (22/09) menerangkan, bahwa di dalam museum ada koleksi sekitar 30 jenis kanker, serta bentuk nyatanya. Semuanya diawetkan dan dimasukkan ke dalam toples. Di masing-masing toples telah ada penjelasannya, serta gambar organ tubuh yang sehat yaitu organ sebelum terkena kanker, dan organ tubuh yang sudah terserang kanker.

Jenis-jenis kanker yang ada di dalam museum, seperti kanker hati, kanker usus, kanker paru, kanker payudara, dan masih banyak lagi.

(Koleksi kanker yang diawetkan. foto: MEGA MELATI/ BANGSAONLINE)

Selain terdapat jenis-jenis kanker, di dalam museum yang diresmikan pada tahun 2013 lalu ini juga menyediakan prototype/alat peraga payudara yang bisa diremas.

Hal itu bertujuan agar para pengunjung bisa tahu cara meraba dan memijat payudara dengan cara SARARI (Periksa Payudara Sendiri). Di prototype sudah disiapkan benjolan sebagai kanker. Jadi, pengunjung yang mencoba prototype bisa merasakan jika di payudara mereka ada benjolan yang sama seperti di prototype.

Nanik (22), salah satu pengunjung, mengaku belajar banyak tentang kanker dari museum ini. “Saya lebih sadar akan pentingnya menjaga diri dan kesehatan saya. Saya bisa lebih peka dengan tanda-tanda awal munculnya kanker. Apalagi ketika saya tahu kanker yang banyak dan mudah menyerang wanita adalah kanker payudara dan kanker serviks,” papar Nanik.

Sampai saat ini, kanker yang paling berbahaya bagi wanita adalah kanker payudara dan serviks. Karena kanker tersebut sangat pesat perkembangannya. Tahun ini kanker serviks telah membunuh 187.789 perempuan di dunia. (mega melati/UTM)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Terbukti! Cara ini Basmi Kecoa di Mobil Anda':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO