Harga Hewan Kurban di Bondowoso Sudah Naik Sejak Seminggu yang Lalu

Harga Hewan Kurban di Bondowoso Sudah Naik Sejak Seminggu yang Lalu

BONDOWOSO, BANGSAONLINE.com - Menjelang Hari Raya Kurban atau yang sering disebut hari Raya Idul Adha 1437 H, harga hewan kurban di Bondowoso mulai mengalami kenaikan harga sejak seminggu yang lalu baik itu untuk sapi maupun kambing.

Kepala Bidang Peternakan, Dinas Peternakan Kabupaten Bondowoso, Lilik Setiowati mengatakan bahwa kenaikan harga hewan kurban merupakan hal wajar dan rutin terjadi di saat menjelang hari raya. Namun, kata dia, pada tahun ini naiknya tidak signifikan.

“Harga di pasar hewan itu memang mulai ada kenaikan harga jelang idul adha ini , tapi naiknya itu tidak terlalu melonjak, hanya berkisar 500.000 sampai dengan 1 juta rupiah,” ujar Lilik saat ditemui di kantornya, Senin (5/9) kemarin.

Sebelum hari raya kurban atau Idul Adha pada saat penyembelihan hewan kurban, pihaknya mengaku akan mengecek kesehatan hewan kurban di setiap pengepul yang memperjual belikan hewan kurban baik itu sapi atau kambing.

“Kita sudah berkoordinasi ke semua mantri yang tersebar di 23 kecamatan. Jadi seminggu sebelum Hari Raya Idul Adha, kita dibantu mantri kesehatan hewan yang ada di setiap kecamatan, akan memeriksa kesehatan hewan kurban,” imbuhnya.

Data yang dihimpun dari Dinas Peternakan Kabuapaten Bondowoso, untuk sementara populasi ternak di Kabupaten Bondowoso saat ini hampir mencapai 300.000 ekor. Dengan rincian 205.000 Sapi, 38.000 kambing dan 40.000 domba. Dari jumlah ternak sapi dan kambing ini, menurutnya, sudah mampu mencukupi kebutuhan masyarakat Bondowoso, selama Idul Adha.

“Dengan adanya jumlah hewan ini kita pastikan cukup karena hewan ini sangat banyak dan tidak mungkinlah dari jumlah itu mau dipotong semua. Bahkan kita juga masih mampu untuk mengirim ke luar daerah”.

Hal senada juga di ungkapkan oleh Mustafa, salah satu pedagang hewan asal Tanggulangin Tegalampel. "Kenaikan harga ini akibat permintaan tingginya permintaan konsumen. Karena banyak yang datang dari luar kabupaten untuk mencari sapi yang siap untuk di potong jelang Idul Adha," tandasnya. (gik/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO