Disuntik Dana Rp 1,5 Miliar, Jalan Tembus Pagerwojo-Buduran Sidoarjo Ditarget Rampung Desember

Disuntik Dana Rp 1,5 Miliar, Jalan Tembus Pagerwojo-Buduran Sidoarjo Ditarget Rampung Desember Kepala Dinas PU Bina Marga Sidoarjo Sigit Setyawan didampingi Kabid Pemeliharaan Yunan Khoiron memberikan penjelasan soal jalan tembus Pagerwojo-Mpu Tantular Buduran, Senin (22/8). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE.com

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Dinas PU Bina Marga Kabupaten Sidoarjo mematok target jalan tembus Pagerwojo-Mpu Tantular Buduran bisa rampung akhir Desember tahun 2016. Untuk merealisasikan target itu, PU Bina Marga mengucurkan dana APBD senilai Rp 1,5 Miliar dalam percepatan pembangunan jalan sepanjang 1,5 kilometer dan lebar 25 meter itu.

Kepala Dinas PU Bina Marga Sidoarjo, Sigit Setyawan menjelaskan, alokasi dana Rp 1,5 Miliar tidak seluruhnya digunakan untuk membangun jalan tembus Pagerwojo-Mpu Tantular Buduran. Sebab jalan tembus ini, sebagian besar sudah rampung dibangun oleh empat pengembang perumahan, dari lima pengembang perumahan, sejak tahun 2010 silam.

Dana itu, juga dipakai untuk merehab sejumlah fasum milik warga yang terpaksa harus dibongkar karena dilewati jalan tembus tersebut.

"Selain untuk jalan sepanjang 45 meter, dana itu juga dipakai untuk rehab sejumlah fasum milik warga di beberapa titik," jlentreh Sigit didampingi Kabid Pemeliharaan Dinas PU Bina Marga, Yunan Khoiron, Senin (22/8) sore.

Jalan tembus ini, kata Sigit, merupakan hasil kerjasama Pemkab Sidoarjo dengan lima pengembang perumahan sesuai perizinan yang dikeluarkan Pemkab Sidoarjo. Tahun 2016, satu pengembang sudah menyatakan sanggup untuk merealisasikan jalan tembus itu. Karena itulah, pemkab pun melakukan percepatan dengan mengalokasikan dana Rp 1,5 Miliar agar jalan tembus itu bisa tersambung, dengan membangun jalan sepanjang 45 meter.

Sigit menjelaskan, jalan tembus tersebut diharapkan bisa mengurangi kepadatan lalu lintas di Jalan Lingkar Barat Sidoarjo dan Jalan Jenggolo akibat adanya pintu palang Kereta Api (KA) di Jalan Pagerwojo. Pihaknya mentargetkan jalan tembus ini rampung pada akhir Desember tahun 2016 ini.

"Kami rencanakan jalan tembus ini bisa dinikmati oleh masyarakat pada akhir Desember 2016 ini," tandas mantan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Sidoarjo ini.

Diberitakan, Satpol PP Sidoarjo membongkar sejumlah bangunan liar (bangli) di kawasan Jalan Pagerwojo, Senin (22/8) siang. Pembongkaran bangli tersebut seiring rencana dimulainya lagi pembangunan jalan tembus Pagerwojo-Mpu Tantular yang bekerjasama dengan lima pengembang perumahan. (sta/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO