Mbah Waginah, Terjangkit Stroke, Tinggal dan Dirawat Anaknya yang Keterbelakangan Mental

Mbah Waginah, Terjangkit Stroke, Tinggal dan Dirawat Anaknya yang Keterbelakangan Mental Mbah Waginah terbaring di atas ranjang tak berdaya karena penyakitnya. foto: ROMZA/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Hidup tak berdaya. Itulah kira-kira kalimat yang sesuai dengan keadaan yang dialami Mbah Waginah (70) warga RT 4, RW 1, Dusun/Desa Menganto, Kecamatan Mojowarno. Nenek renta ini hanya bisa berbaring di atas ranjang karena terjangking penyakit stroke selama puluhan tahun.

Tak hanya itu, mbah yang sudah usia lanjut ini juga terganggu penglihatannya alias buta. Bahkan juga menderita darah tinggi.

"Setahu kami, saat diperiksa kesehatannya, itulah beberapa penyakit yang diderita mbah Waginah," kata Nur Aini (36) ibu RT setempat saat ditemui di rumah mbah Waginah, Kamis (18/8) siang.

Kini, Mbah Waginah hanya dirawat Sunarti (36), anaknya yang keterbelakangan mental. Sehingga perawatannya juga seadanya.

"Mbak Sunarti ini kalau sehari-harinya menjadi pembantu di rumah tetangga. Uangnya dibuat jajan. Kalau pagi pukul 05.00-08.00. Kalau sore pukul 14.00-15.00. Dia meskipun sudah usia 36 tahun tetap jajan seperti anak-anak. Karena memang tidak seperti anak-anak pada umumnya," jelasnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO