Pacitan Bakal Mendunia Lewat Asian Surfing Champion‎ship

Pacitan Bakal Mendunia Lewat Asian Surfing Champion‎ship

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten , akhirnya resmi menjadi tuan rumah penyelenggara Hello 2016, "Flaming of the sea". Hal tersebut seiring dibukanya perlombaan bergengsi, Selasa (16/8), sore kemarin.

Pada moment olah-raga kelas dunia tersebut, peselancar terbaik dari Indonesia, Jepang, Prancis, Swedia, Brazil, Thailand, Australia dan beberapa negara lainnya akan bersaing ketat untuk memperebutkan gelar juara dalam kompetisi yang berlangsung mulai 17 - 20 Agustus 2016 di Pantai Pancer Door tersebut.

"Ombak besar nan tinggi, dan panjang menyerupai barrel dan pipa, akan memberikan pengalaman tersendiri bagi peselancar maupun penonton," ungkap Made sebagai wakili ASC, saat menggelar jumpa pers dengan puluan mendia cetak dan elektronik.

Made menambahkan, dia sangat terkesan dan bangga dengan sambutan hanggat masyarakat . Selain itu, ia juga berpesan kepada pemerintah daerah setempat, agar menjaga kelestarian alam, agar tetap asri. Jangan seperti di Denpasar Bali. "Karena adanya , alampun rusak. Sebab, area di sekitar pantai tanahnya di jual untuk di buat hotel," ujarnya.

Lebih lanjut, Made mengatakan, Pantai di sangat luar biasa. Sebab deru ombaknya, dianggap terbaik di Indonesia, bahkan mungkin dunia juga mengakui. Berangkat dari fenomena tersebut, Made juga berkeinginan mendirikan sekolah di kabupaten berjuluk "Kota 1001 Goa" tersebut bersama dengan para surfer Indonesia lainnya.

Sementara itu, seiring digelarnya Hello , penitia juga menyelipkan kegiatan " Geo Park Fair". Kegiatan tersebut sebagai media memperkenalkan produk yang dimiliki oleh pelaku industri kecil dan menengah. "Kita juga melaksanakan pameran kuliner tradisional serta pertunjukan seni budaya," timpal Wasi Prayitno, Kepala Disbudparpora, .

Agenda lain yang juga layak di simak yaitu kompetisi lari Merdeka, "Costum Fun Run 5 K" yang dilangsungkan tgl 21 Agustus. Para peserta mengikuti jalur yg sudah di tentukan panitia, yaitu, mengelilinggi dengan mengunakan kostum bertema kemerdekaan. Rangkaian Hello nantinya, akan ditutup dengan "Make it Bright Environment Friendlly Program". Yakni, sebuah kegiatan yang merangsang kesadaran masyarakat akan kepedulian terhadap kebersihan dan keindahan pantai.

Diharapankan, pantai akan menjadi tempat wisata yang bukan hanya indah namun juga bersih. Serta meningkatkan kenyamanan pengunjung yang ada. Pada tahun ini, peserta yang akan mengikuti kejuaraan adalah 60 peserta yang terdiri dari 12 orang dari Manca negara yaitu, Thailand, Australia, Jepang, Argentina,Taiwan, Korea selatan, Perancis, dan Amerika. "Diharapkan, dengan adanya kejuaraan dunia seperti ini, akan bisa mencari bibit surfer Indonesia, khususnya .

Karena di tahun 2020, akan masuk cabang olah-raga di ajang olimpiade dan akan menjadi agenda tahunan Kabupaten . Dengan kegiatan itu, akan bisa mempromosikan dan memperkenalkan potensi wisata ke masyarakat luas. Tentu harapannya, kunjungan wisata bakal meningkat. Seperti tahun ini, meningkat dari 1 juta pengunjung menjadi 1,5 juta pengunjung. Kita optimistis, dengan event seperti ini bakal menjadi magnit, bagi investor yang ingin mengembangkan usahanya," pungkas Wasi. (pct2/pct1).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO